Jinping Peringatkan Putin Tidak Gunakan Nuklir di Ukraina, Ini Kata Kremlin

Kamis, 06 Juli 2023 - 04:17 WIB
loading...
Jinping Peringatkan Putin Tidak Gunakan Nuklir di Ukraina, Ini Kata Kremlin
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/Politico
A A A
MOSKOW - Kremlin telah menolak klaim "fiktif" di pers Barat bahwa Presiden China Xi Jinping memperingatkan rekannya dari Rusia, Vladimir Putin, agar tidak menggunakan senjata nuklir di Ukraina. Klaim tersebut dilaporkan oleh The Financial Times (FT), berdasarkan sumber diplomatik anonim.

“Saya tidak bisa mengonfirmasi itu,” kata Sekretaris Pers Putin Dmitry Peskov kepada wartawan pada hari Rabu, ketika ditanya tentang artikel FT seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (6/7/2023).

Dia menyarankan bahwa pernyataan resmi mengenai kunjungan "penting" Jinping ke Moskow pada bulan Maret "cukup" untuk membuat kesimpulan tentang sifatnya.



Menurut FT, para pejabat China secara pribadi mendapatkan kredit karena meyakinkan presiden Rusia untuk mundur dari ancaman terselubungnya untuk menggunakan senjata nuklir melawan Ukraina.

Surat kabar itu mengatakan bahwa "menghalangi Putin" dari serangan atom adalah bagian penting dari strategi diplomatik Beijing mengenai Eropa.

Pemerintah China menyalahkan kebijakan Barat, termasuk perluasan NATO di Eropa, atas konflik Ukraina, menolak pandangan Barat bahwa operasi militer Rusia "tidak beralasan". China juga secara terbuka mendesak Moskow untuk tidak menggunakan kemampuan nuklirnya. Peringatan yang diklaim dari Jinping kepada Putin memberikan keyakinan kepada pendukung Kiev bahwa "China mendukung retorika publiknya di balik pintu tertutup," kata artikel FT.

Moskow menegaskan konflik Ukraina adalah bagian dari perang proksi Barat yang lebih luas yang dilancarkan melawan Rusia. Putin, serta pejabat senior Rusia lainnya, telah berulang kali mengutip doktrin nuklir Rusia, yang mengizinkan penggunaan senjata semacam itu untuk mencegah ancaman eksistensial terhadap negara Rusia.



Pejabat Barat dan media telah membingkai pernyataan tersebut sebagai indikasi kemungkinan serangan nuklir terhadap pasukan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)