Zelensky Klaim Rusia Tanam Alat Peledak di Atap PLTN Zaporizhzhia

Kamis, 06 Juli 2023 - 00:25 WIB
loading...
Zelensky Klaim Rusia Tanam Alat Peledak di Atap PLTN Zaporizhzhia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky muding Rusia telah menanam alat peledak di atap PLTN Zaporizhzhia. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina mengklaim alat peledak telah ditempatkan di atap pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, seperti yang diperingatkan Presiden negara itu Volodymyr Zelensky tentang provokasi berbahaya di fasilitas tersebut.

Angkatan bersenjata Ukraina mengutip data operasional yang mengatakan bahwa perangkat peledak telah ditempatkan di atap reaktor ketiga dan keempat pabrik pada hari Selasa, menambahkan bahwa serangan mungkin terjadi dalam waktu dekat.

"Sekarang kami memiliki informasi dari intelijen kami bahwa pasukan Rusia telah menempatkan benda-benda yang menyerupai bahan peledak di atap beberapa unit tenaga pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia," kata Zelensky.



"Mungkin untuk mensimulasikan serangan terhadap pabrik. Mungkin mereka punya skenario lain," imbuhnya seperti dikutip dari Sky News, Kamis (6/7/2023).

Sepanjang perang, para ahli nuklir telah berulang kali memperingatkan potensi bencana di fasilitas nuklir yang diduduki Rusia di Ukraina selatan.

Tudingan ini seolah membalas tuduhan seorang penasihat operator tenaga nuklir Rusia Rosenergoatom mengatakan Ukraina berencana untuk menjatuhkan amunisi yang dicampur dengan limbah nuklir yang diangkut dari salah satu dari lima stasiun nuklir negara itu di pembangkit itu.

Renat Karchaa, penasihat kepala Rosenergoatom, dikutip oleh media Rusia mengatakan bahwa militer Ukraina akan mencoba menyerang pabrik pada hari Rabu menggunakan peralatan presisi jarak jauh dan drone serangan kamikaze.



Baik Karchaa maupun Zelensky tidak memberikan bukti atas pernyataan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)