5 Fakta Hizbullah, Kelompok Pejuang Lebanon yang Berdiri Menentang Israel dan Negara Barat

Rabu, 05 Juli 2023 - 21:47 WIB
loading...
5 Fakta Hizbullah, Kelompok Pejuang Lebanon yang Berdiri Menentang Israel dan Negara Barat
Bendera Hizbullah dan poster pemimpinnya Sayyed Hassan Nasrallah di jalanan Sidon, Lebanon. Foto/Reuters/Ali Hashisho
A A A
BEIRUT - Popularitas Hizbullah mungkin sudah terdengar umum bagi sebagian orang. Menyatakan diri sebagai organisasi sekaligus partai politik dan militer Syiah di Lebanon, tapi negara Barat menyebutnya sebagai kelompok ekstremis.

Baru-baru ini, Hizbullah membuat khawatir Israel pasca menggandakan jumlah sistem pertahanan udara miliknya. Dikatakan, hal ini menjadi upaya membatasi aktivitas Angkatan Udara Tel Aviv di langit Lebanon.

Lantas, siapakah sebenarnya Hizbullah ini? Untuk lebih jelasnya, simak sejumlah fakta dari Hizbullah berikut!

Fakta Hizbullah Lebanon.

1. Dibentuk untuk Melawan Israel

Pada riwayatnya, pembentukan Hizbullah memiliki sejarah yang cukup menarik. Mengutip Reuters, Rabu (5/7/2023), nama Hizbullah sendiri memiliki arti ‘Party of God’ atau ‘Partai Tuhan’.

Mengadopsi ideologi Islam Syiah khas negara Iran, Hizbullah didirikan oleh Iran’s Revolutionary Guards pada 1982. Adapun salah satu tujuan pembentukannya kala itu adalah sebagai tanggapan atas invasi Israel ke Lebanon.

Baca Juga: Israel Ketar-ketir Sistem Pertahanan Udara Hizbullah Meningkat Pesat

2. Sejarah Hizbullah

Melihat lebih jauh, Lebanon pernah dilanda perang saudara sekitar tahun 1970-an. Berada dalam kekacauan, Israel datang melakukan invasi dengan tujuan mengusir pejuang Palestina yang bersembunyi.

Setelah itu, muncul sekelompok orang yang dipengaruhi pemerintah syiah Iran untuk mengangkat senjata dan melawan tentara Israel. Melihat kesempatan, Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) memberikan dana dan pelatihan kepada orang yang bersedia menjadi serdadu.

Dari sini, mereka mengadopsi nama Hizbullah yang berarti ‘Partai Tuhan’. Tak hanya menyatakan diri sebagai kelompok militan, mereka juga mendeklarasikan kelompoknya sebagai partai politik muslim syiah di Lebanon.

3. Ditetapkan sebagai Kelompok Teroris

Hizbullah memang tidak lepas dari pengaruh Iran. Dukungan terus diberikan Teheran dengan tindakan Hizbullah yang menentang Israel dan menolak pengaruh Barat di Timur Tengah.

Pada sepak terjangnya, Hizbullah terdaftar sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat dan sejumlah negara lain. Mereka cukup sering dituduh melakukan berbagai serangan termasuk bom bunuh diri ke musuh-musuhnya.


4. Tokoh Penting Hizbullah

Hassan Nasrallah menjadi salah satu tokoh penting dalam perkembangan Hizbullah. Dia mengambil posisi sekretaris jenderal pada 1992 setelah Israel membunuh salah satu pendiri dan pemimpinnya, yakni Abbas Al-Musawi.

Pada tugasnya, Nasrallah mengawasi para anggota dewan seperti majelis politik, majelis jihad, majelis parlemen, dan lainnya. Namanya bahkan pernah masuk daftar teroris global yang disematkan oleh AS.

5. Israel Musuh Utama

Israel adalah musuh utama dari Hizbullah. Sejak invasi yang mereka lakukan ke Lebanon, Hizbullah selalu disalahkan atas serangan terhadap warga yahudi di luar negeri.

Bahkan, ketika Israel telah menarik diri dari Lebanon, bentrokan antara pasukan Tel Aviv dan Hizbullah masih kerap terjadi. Berbeda dengan dulu, kali ini mereka sudah didukung persenjataan canggih seperti roket untuk menggempur Israel.

Terbaru, bahkan Hizbullah dikabarkan telah menambah jumlah sistem pertahanan udaranya. Hal ini dilakukan untuk membatasi ruang gerak Angkatan Udara Israel yang kerap beroperasi di langit Lebanon.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)