China Tutup Paksa Konsulat AS di Chengdu, Bendera AS Diturunkan

Senin, 27 Juli 2020 - 09:38 WIB
loading...
China Tutup Paksa Konsulat AS di Chengdu, Bendera AS Diturunkan
Para polisi China berbaris patroli di luar kantor Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Chengdu, China, pada Sabtu (25/7/2020). Foto/REUTERS/Thomas Peter
A A A
CHENGDU - Kantor Konsulat Jenderal Amerika Serikat (AS) di Chengdu, China , resmi ditutup pada Senin (27/7/2020). Bendera nasional Amerika di kantor tersebut juga diturunkan.

China menutup paksa kantor diplomatik itu melalui perintah yang ditujukan kepada Washington beberapa hari lalu. Tindakan itu sebagai pembalasan atas penutupan kantor Konsulat Jenderal China di Houston.

Siaran dari stasiun televisi CCTV milik pemerintah menunjukkan bendera nasional Amerika secara perlahan diturunkan pada Senin pagi. Perang diplomatik kedua negara memanas, di mana kedua pihak saling menuduh membahayakan keamanan nasional.

Pada hari Jumat pekan lalu, pemerintah China memerintahkan kantor misi diplomatik AS di Chengdu harus ditutup. Ketegangan ini mirip dengan perseteruan ala Perang Dingin.

Batas waktu bagi orang-orang Amerika untuk keluar dari Chengdu tidak jelas, tetapi konsulat China di Houston diberi waktu 72 jam untuk menutup kantor tersebut setelah perintah awal dibuat.

Jalan menuju konsulat Chengdu telah ditutup pada hari Senin, di mana polisi dan barikade telah menghalangi jalan. (Baca: China Balas Dendam, Tutup Paksa Konsulat AS di Chengdu )

Pada hari Sabtu, para jurnalis melihat para pekerja mengeluarkan lencana AS dari bagian depan gedung konsulat di Chengdu.

Selama akhir pekan, truk-truk pemindahan memasuki lokasi tersebut dan petugas kebersihan terlihat membawa tas-tas sampah besar warna hitam dari konsulat.

Aksi kemas-kemas para diplomat Amerika itu jadi tontonan warga China. Beberapa dari mereka mengambil foto.

"Penutupan konsulat Chengdu adalah tanggapan sah dan perlu terhadap tindakan tidak masuk akal oleh Amerika Serikat," kata pemerintah China dalam sebuah pernyataan. Beijing menuduh staf di misi diplomatik Amerika di Chengdu membahayakan keamanan dan kepentingan China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)