Ilmuwan Ingatkan AS Tidak Ikuti Langkah Swedia Kejar Kekebalan Kawanan

Senin, 27 Juli 2020 - 05:00 WIB
loading...
Ilmuwan Ingatkan AS Tidak Ikuti Langkah Swedia Kejar Kekebalan Kawanan
Ilustrasi
A A A
STOCKHOLM - Sebuah tim ilmuwan dari lembaga medis terkemuka Swedia telah mendesak publik Amerika Serikat (AS) untuk "bertahan" sampai ada vaksin dan tidak berusaha untuk menangani pandemi Covid-19 dengan cara Swedia. Swedia diketahui mencoba mengejar kekebalan kawanan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Pendekatan Swedia terhadap Covid-19 telah menyebabkan kematian, kesedihan dan penderitaan. Satu-satunya contoh yang kami siapkan adalah bagaimana tidak menangani penyakit menular yang mematikan," kata 25 peneliti Swedia dalam sebuah pernyataan bersama, seperti dilansir Sputnik.

(Baca: Normal Baru, Sehari Restoran di Swedia Hanya Terima 1 Tamu )

Para peneliti mendesak para pembuat kebijakan AS untuk belajar dari kesalahan Swedia, karena pendekatan lunak dengan tidak ada penguncian, sebagian besar pembatasan sukarela dan tidak ada kewajiban dalam penggunaan masker.

Sementara dianggap lebih lunak dan liberal, para peneliti itu menyebut, kebijakan tersebut telah menyebabkan memuncaknya angka kematian.

Menurut para peneliti, mendapatkan kekebalan kawanan dalam populasi dengan cara yang berpotensi menekan virus, yang mereka sarankan sebagai strategi penolakan Swedia, adalah cara yang salah.

Mereka mengutip direktur eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Mike Ryan yang mengutuk strategi kekebalan kawanan sebagai aritmatika yang sangat brutal yang tidak menempatkan orang dan kehidupan, dan penderitaan di pusat persamaan itu.

"Terlepas dari apakah kekebalan kawanan adalah tujuan atau efek samping dari strategi Swedia, itu tidak berhasil dengan baik," tulis para peneliti, mengutip Badan Kesehatan Masyarakat Swedia sendiri, yang menurutnya proporsi orang Swedia yang membawa antibodi diperkirakan di bawah 10 persen.

Mereka juga mengutip angka kematian Swedia yang, di mana di Swedia terdapat 556 kematian per satu juta penduduk dibandingkan AS yang hanya 425, serta jumlah kematian lebih dari empat setengah kali lebih besar daripada empat negara Nordic lainnya.

(Baca: Swedia Duduki Peringkat Teratas Kematian Covid-19 per Kapita )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)