Lebanon Latih Anjing Polisi untuk Deteksi Covid-19

Senin, 27 Juli 2020 - 03:59 WIB
loading...
Lebanon Latih Anjing Polisi untuk Deteksi Covid-19
Anjing polisi Lebanon.
A A A
BEIRUT - Dengan jumlah infeksi Covid-19 Lebanon terus menunjukan kenaikan yang meresahkan, para pejabat mengumumkan bahwa mereka sedang melatih anjing polisi dari berbagai agen keamanan negara untuk mendeteksi bau virus dalam keringat.

Lebanon bergabung dengan sejumlah negara yang telah menguji efektivitas anjing dalam mengendus Covid-19, termasuk Jerman, Finlandia, Chili, dan Uni Emirat Arab (UEA). UAE mengumumkan bahwa studinya telah menunjukkan tingkat akurasi 92 persen.

Anjing-anjing di Lebanon dilatih di barak Pasukan Keamanan Internal di kota Aramoun di selatan Beirut. Menteri Kesehatan Lebanon, Hamad Hassan, mengatakan program itu sangat dibutuhkan.

(Baca: Keluarga Palestina di Ramallah Ubah Gua Menjadi Kolam Renang )

Ahli bedah Lebanon, Riad Sarkis, yang bekerja pada studi bukti-konsep untuk mengevaluasi kemanjuran menggunakan anjing untuk mendeteksi Covid-19 bekerja sama dengan tim Prancis yang dipimpin oleh Dominique Grandjean dari Sekolah Kedokteran Hewan Nasional Alfort di Prancis, dengan pengujian dilakukan di kedua negara.

Grandjean, seperti dilansir Al Arabiya mencatat bahwa dua anjing yang dilatih khusus akan memiliki kapasitas untuk mencari sekitar 4.000 orang per hari.

Pengujian melibatkan delapan anjing, yang awalnya dilatih sebagai pendeteksi ledakan dan anjing pendeteksi kanker usus, yang telah dilatih untuk mengenali bau sampel keringat dari orang-orang yang telah dites positif Covid-19.

"Melalui eksperimen ini, kami akan menyediakan teknologi tambahan untuk melindungi masyarakat kami dari setiap kedatangan, pengunjung, atau penduduk yang mungkin terinfeksi virus Corona," kata Hassan.

(Baca: Saudi Luncurkan Kantor Pers Virtual Haji dan Platform Canggih )

Para peneliti menjalankan 232 percobaan menggunakan 33 sampel positif di Perancis dan 136 percobaan menggunakan 68 sampel positif di Lebanon. Empat anjing memiliki tingkat keberhasilan 100 persen dalam mengidentifikasi sampel positif, dengan yang lain antara 83 dan 94 persen.

“Dalam konteks di mana, di banyak negara di seluruh dunia, tes diagnostik masih kurang untuk mengatur deteksi massa orang yang terkontaminasi Covid-19, kami pikir penting untuk mengeksplorasi kemungkinan memperkenalkan deteksi olfaktif anjing sebagai yang cepat, andal, dan 'alat' murah baik untuk pre-test orang yang bersedia atau menjadi pilihan pemeriksaan cepat dalam keadaan tertentu, ” kata para peneliti.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)