Kremlin Bungkam Soal Nasib Jenderal Armageddon Rusia

Jum'at, 30 Juni 2023 - 13:13 WIB
loading...
Kremlin Bungkam Soal Nasib Jenderal Armageddon Rusia
Kremlin menolak untuk memberikan penjelasan mengenai nasib Jenderal Rusia Sergei Surovikin. Foto/NBC News
A A A
MOSKOW - Kremlin menolak untuk memberikan penjelasan mengenai nasib Jenderal Rusia Sergei Surovikin, yang status dan lokasinya belum diumumkan sejak pemberontakan bersenjata yang gagal oleh tentara bayaran Wagner pada Sabtu lalu.

Dijuluki "Jenderal Armagedon" oleh pers Rusia karena taktik agresifnya dalam perang Suriah, Surovikin - yang merupakan wakil komandan pasukan Rusia di Ukraina - telah menghilang sejak Sabtu, ketika ia muncul dalam sebuah video yang memohon kepada pemimpin tentara bayaran Yevgeny Prigozhin untuk menghentikan pemberontakannya.

Surovikin terlihat kelelahan dalam video itu dan tidak jelas apakah dia berbicara di bawah tekanan. Sejak itu ada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa dia sedang diinterogasi oleh dinas keamanan.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov merujuk pertanyaan tentang Surovikin ke kementerian pertahanan, yang sejauh ini tidak membuat pernyataan tentangnya.

Ditanya oleh wartawan apakah Kremlin dapat mengklarifikasi situasi dengan Surovikin, Peskov berkata: “Tidak, sayangnya tidak."

“Jadi saya sarankan Anda menghubungi kementerian pertahanan; ini adalah hak prerogatifnya,” sambungnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (30/6/2023).

Ketika seorang reporter bertanya apakah Presiden Vladimir Putin masih mempercayai Surovikin, Peskov mengatakan: "Dia (Putin) adalah panglima tertinggi dan dia bekerja dengan menteri pertahanan dan dengan kepala Staf Umum."



Pertanyaan tentang unit struktural dalam kementerian, kata Peskov, harus ditujukan kepada kementerian pertahanan.

Kementerian Pertahanan Rusia sendiri tidak menjawab permintaan Reuters untuk kejelasan tentang nasib Surovikin, salah satu jenderal Rusia yang paling dihormati yang sebelumnya memimpin pasukan Rusia di Ukraina selama beberapa bulan.

Para jenderal paling senior Rusia telah menghilang dari pandangan publik setelah pemberontakan yang bertujuan menggulingkan petinggi militer, di tengah dorongan Putin untuk menegaskan kembali otoritasnya.

Pemberontakan, yang menurut Putin dapat membawa Rusia ke dalam perang saudara, merupakan tantangan terbesar bagi negara Rusia sejak upaya kudeta garis keras tahun 1991 terhadap Mikhail Gorbachev saat Uni Soviet runtuh.

Putin, pemimpin terpenting Rusia sejak 1999, berterima kasih kepada tentara dan lembaga penegak hukum karena mencegah apa yang dia katakan akan menjadi kekacauan yang menghancurkan seperti yang terakhir terlihat setelah Revolusi Bolshevik 1917.

Mantan mata-mata KGB berusia 70 tahun itu pada hari Rabu terlihat mengunjungi sebuah masjid di benteng kuno Naryn-Kala pra-Arab di benteng Derbent di tepi Laut Kaspia, sekitar 2.000 km selatan Moskow.

Kremlin mengatakan Putin juga memimpin pertemuan tentang pengembangan pariwisata di wilayah tersebut. Putin, dalam foto berkacamata hitam dan tanpa dasi, terlihat sedang berbicara dengan penduduk setempat yang berswafoto dengannya.



Sementara itu nasib Prigozhin, yang menjadi tentara bayaran terkuat Rusia, masih belum jelas.

Sebuah jet pribadi yang terkait dengan Prigozhin terbang dari St Petersburg, bekas ibu kota kekaisaran Rusia, ke Moskow pada Kamis, meskipun tidak jelas siapa yang berada di pesawat itu.

Peskov mengatakan dia tidak memiliki informasi tentang lokasi Prigozhin saat ini.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko minggu ini mengatakan bahwa dia telah membujuk Putin untuk tidak "memusnahkan" Prigozhin, menambahkan bahwa kepala tentara bayaran itu telah terbang ke Belarusia.

Berbicara tentang penyebab pemberontakan, Kolonel Jenderal Andrei Kartapolov, seorang anggota parlemen berpengaruh yang mengetuai majelis rendah komite pertahanan parlemen, mengatakan Prigozhin menolak menandatangani kontrak bagi tentara bayarannya untuk bertugas di bawah kementerian pertahanan.

Akibatnya, kata Kartapolov, Prigozhin diberi tahu bahwa tentara bayarannya tidak akan lagi bertempur di Ukraina dan tidak lagi menerima uang dari negara Rusia.

Putin pada hari Selasa mengatakan bahwa Prigozhin, Wagner dan perusahaan katering Concord miliknya telah menerima setidaknya USD2 miliar dari negara Rusia selama setahun terakhir.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)