5 Fakta Perang 10 Hari, Berakhirnya Yusgolavia Jadi Awal Berdirinya Slovenia

Rabu, 28 Juni 2023 - 12:21 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Slovenia menolak untuk melucuti dan mempertahankan kendali TO. Pengesahan referendum dijadwalkan berlangsung pada 26 Juni 1991, sebagai antisipasi untuk musim panas yang panas di Slovenia.

Karena upaya Yugoslavia untuk mempertahankan republiknya yang memisahkan diri (Kroasia, republik Yugoslavia yang makmur lainnya mendeklarasikan kemerdekaan pada hari yang sama dengan Slovenia) gagal, Perang Slovenia tidak terhindarkan.

3. Memproklamasikan Kemerdekaan Slovania

5 Fakta Perang 10 Hari, Berakhirnya Yusgolavia Jadi Awal Berdirinya Slovenia

Foto/Wikipedia

Memprediksi invasi oleh pasukan JNA pada tanggal 26 Juni 1992, pemerintah Slovenia dan Kroasia secara mengejutkan mengumumkan kemerdekaan mereka sehari sebelumnya. Itu memungkinkan kedua pemerintah untuk memobilisasi pasukan pertahanan mereka sehari sebelumnya.

Bendera Slovenia dinaikkan, dan bendera serta lambang Yugoslavia diturunkan. Karena JNA adalah angkatan bersenjata yang bermarkas di stasiun di seluruh Yugoslavia, orang Slovenia harus bergerak cepat. Pasukan TO pindah ke pos terdepan JNA di perbatasan Kroasia dan Italia di Slovenia dan menangkap mereka sebelum pasukan JNA pindah ke perbatasan Slovenia dan meninggalkan barak mereka.


4. Pasukan Yugoslavia Salah Strategi

5 Fakta Perang 10 Hari, Berakhirnya Yusgolavia Jadi Awal Berdirinya Slovenia

Foto/Wikipedia

JNA, yang dipimpin oleh beberapa Menteri Pertahanan seperti Veljko Kadijevic, selalu berkomunikasi tentang strategi dengan Presiden Slobodan Milosevic.

Strategi JNA dalam invasi ke Slovenia berbeda di antara atasan yang memegang komando. Milosevic, yang merupakan komandan tertinggi JNA, menyukai strategi yang diusulkan oleh Kadijevic, yaitu mendekat dengan hati-hati dan menunjukkan kekuatan yang cukup untuk membujuk pemerintah Slovenia agar mundur.

Tanpa sepengetahuan JNA, pemerintah Slovenia telah mempersiapkan TO dari tahun 1990 untuk konflik yang akan datang ini, terutama karena ukurannya jauh lebih kecil, untuk mengontrol perbatasan Slovenia, menggunakan strategi gerilya, dan mengontrol lapangan udara Slovenia.

5. Hanya Pertempuran Kecil

5 Fakta Perang 10 Hari, Berakhirnya Yusgolavia Jadi Awal Berdirinya Slovenia

Foto/Wikipedia

Kedua pasukan Slovenia dan Yugoslavia bertemu di perbatasan dengan perintah menunggu tembakan pertama. Ketegangan dan kecemasan meningkat hingga tembakan pertama ditembakkan oleh seorang perwira JNA pada 27 Juni 1991, menandai dimulainya perang.

Perang 10 Hari pada akhirnya adalah perang pertempuran kecil di perbatasan Slovenia dan di dalam kota-kota Slovenia dari 27 Juni 1991 hingga 7 Juli 1991. Upaya untuk mengontrol ibu kota Slovenia oleh JNA gagal, terutama upaya untuk mengontrol bandara Slovenia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)