PBB: Pasukan Rusia Siksa dan Eksekusi Warga Sipil di Ukraina

Selasa, 27 Juni 2023 - 23:11 WIB
loading...
A A A
"Afrika Selatan berkewajiban untuk menegakkan surat perintah itu," tegasnya.

Van Schaack dalam sebuah pengarahan mengatakan puluhan ribu tuduhan kejahatan perang sedang diperiksa oleh penyelidik terlatih di dalam dan di luar Ukraina.

Dia mengatakan pernyataan Prigozhin yang menantang dasar perang minggu lalu bertentangan dengan pembenaran resmi Rusia untuk perang tersebut. Dia mengatakan pernyataannya kemungkinan akan dipertimbangkan dan mungkin akan sangat berdampak dalam penuntutan apa pun terhadap Putin atas kejahatan agresi.

“Perlu dicatat bahwa dia mengatakan secara terbuka bahwa perang ini didasarkan pada kepura-puraan palsu dan bahwa Ukraina dan NATO tidak berniat menyerang Rusia dan ini adalah perang buatan Rusia sendiri,” kata Van Schaack.

Pada bulan Mei, AS akhirnya keluar untuk mendukung pengadilan khusus untuk mengadili kejahatan agresi, tetapi mengatakan itu harus menjadi pengadilan yang berbasis di Ukraina dengan dukungan internasional. Ukraina telah memperjuangkan pengadilan internasional yang dibentuk oleh majelis umum PBB, sesuatu yang ditentang AS atas dasar hukum dan politik.

Van Schaack mengatakan Putin akan sulit diadili selama dia tetap menjadi kepala negara dan di dalam Rusia.

"Tapi dunianya menyusut dengan cepat dan banyak pemimpin dunia lainnya yang tidak mengira mereka akan muncul di pengadilan akhirnya melakukannya," tambahnya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)