Joe Biden: AS dan NATO Tak Terlibat Kudeta Militer Rusia oleh Wagner

Selasa, 27 Juni 2023 - 08:05 WIB
loading...
Joe Biden: AS dan NATO Tak Terlibat Kudeta Militer Rusia oleh Wagner
Presiden Joe Biden klaim Amerika Serikat dan sekutu-sekutu NATO tidak terlibat kudeta militer Rusia oleh tentara bayaran Wagner Group. Foto/Screenshot ABC News
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden mengatakan Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutu NATO tidak terlibat dalam kudeta militer Rusia oleh tentara bayaran Wagner Group pimpinan Yevgeny Prigozhin.

Ini merupakan komentar publik pertama Presiden AS setelah kudeta militer Rusia secara tiba-tiba dibatalkan oleh Prigozhin pada Sabtu malam pekan lalu.

Biden mengatakan dia mengarahkan tim keamanan nasionalnya untuk mempersiapkan "serangkaian skenario" segera setelah situasi kacau berkembang di Rusia pada hari Jumat. Dia juga mengaku telah bertemu dengan sekutu utama melalui panggilan video virtual.

"Mereka setuju dengan saya bahwa kami harus memastikan bahwa kami tidak memberi Putin alasan, izinkan saya menekankan, tidak memberi Putin alasan untuk menyalahkan Barat atau NATO," kata Biden pada hari Senin, yang dilansir ABC News, Selasa (27/6/2023).



"Kami memperjelas bahwa kami tidak terlibat," lanjut Presiden Amerika. "Kami tidak ada hubungannya dengan itu. Ini adalah bagian dari perjuangan dalam sistem Rusia."

"Hasil akhir dari semua ini masih harus dilihat, tetapi apa pun yang terjadi selanjutnya, saya akan terus memastikan bahwa sekutu dan mitra kami selaras dalam cara kami membaca dan menanggapi situasi," imbuh Biden.

"Sangat penting kita tetap terkoordinasi sepenuhnya," lanjut dia.

Khususnya, dia tidak mencirikan apa yang telah terjadi, menyebutnya sebagai "situasi".

"Kami akan terus menilai dampak peristiwa akhir pekan ini dan implikasinya bagi Rusia dan Ukraina, tetapi masih terlalu dini untuk mencapai kesimpulan pasti tentang ke mana arahnya," kata Biden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)