Bawa 25.000 Tentara Bayaran Siap Mati saat Kudeta Rusia, Bos Wagner Dihujat Anak Buahnya

Selasa, 27 Juni 2023 - 07:43 WIB
loading...
Bawa 25.000 Tentara Bayaran Siap Mati saat Kudeta Rusia, Bos Wagner Dihujat Anak Buahnya
Para tentara bayaran Wagner Group dan kerabat menghuhat bos kelompok tersebut, Yevgeny Prigozhin, saat membawa 25.000 tentara bayaran untuk kudeta militer Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin menyombongkan diri saat membawa 25.000 tentara siap mati untuk kudeta militer Rusia. Setelah kudeta itu dibatalkannya, anggota Wagner ramai-ramai menghujatnya.

Dalam pesan online yang dianalisis oleh BBC Verify, pasukan Wagner dan kerabat mereka mengamuk menentang keputusan Prigozhin untuk menghentikan pawai dramatisnya di Moskow dan mundur dari kota Rostov yang direbut.

"Pemborosan ruang yang botak menghancurkan Wagner PMC dengan tangannya sendiri. Dan mengacaukan semua orang yang dia bisa," geram salah satu pesan online yang mengaku sebagai tentara Wagner di saluran Telegram dengan 200.000 pengikut.

"Ini adalah pemberontakan yang tidak masuk akal," imbuh anggota yang lain, seperti dikutip BBC, Selasa (27/6/2023).

Telegram adalah platform media sosial pilihan bagi tentara Wagner dan kalangan pro-perang di Rusia, memungkinkan komunikasi anonim dengan ribuan pengikut sekaligus.



Di situlah Prigozhin memilih untuk mengumumkan apa yang disebut "March of Justice" melawan rezim Rusia, tetapi sekarang telah menjadi tempat di mana banyak orang menentangnya.

Mark Krutov, seorang jurnalis dari Russian Service outlet RFE/RL, memiliki akses ke obrolan grup Telegram yang digunakan oleh kerabat tentara bayaran Wagner. Dia membagikan beberapa pesan mereka dengan BBC.

"Mereka hanya dikhianati," tulis seorang wanita kerabat tentara Wagner. "Saya mempercayai Prigozhin, tapi apa yang dia lakukan tidak terhormat."

"Dia seharusnya tidak melakukan ini. Ini murni pengkhianatan," kata pengguna lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)