alexa snippet

BREAKING: Gempa 5,3 SR Goyang Korut, Diduga Uji Coba Nuklir

BREAKING: Gempa 5,3 SR Goyang Korut, Diduga Uji Coba Nuklir
(Ilustrasi)
A+ A-
SEOUL - Sebuah gempa berkekuatan 5,3 skala Richter dilaporan terjadi di dekat lokasi tes bom nuklir Korea Utara. Laporan yang dirilis badan pemantau gempa Amerika Serikat (AS), USGS, itu memicu dugaan jika Korut tengah melakukan uji coba nuklir.

"Ada kemungkinan besar peristiwa seismik tersebut adalah buatan manusia," kata sumber pemerintah Korea Selatan (Korsel) kepada kantor berita, Yonhap. Fakta bahwa kedalaman gempa yang mencurigakan diperkirakan nol kilometer menunjukkan bahwa ledakan itu mungkin terjadi di permukaan seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (9/9/2016).

Mengomentari kejadian tersebut, USGS menyatakan bahwa getaran tersebut kemungkinan adalah sebuah ledakan yang terjadi di dekat lokasi di mana Korut telah meledakkan ledakan nuklir di masa lalu. "USGS National Earthquake Information Center tidak dapat menentukan jenis ledakan itu mungkin, apakah nuklir atau jenis lain yang mungkin," imbuh pernyataan itu.

Episentrum ledakan terletak dekat dengan kota Sungjibaegam, di mana situs uji nuklir Punggye-ri berada. Pada tanggal 12 Februari 2013, USGS pernah melaporkan terjadinya gempa berkekuatan 5,1 skala Richter yang jaraknya hanya 24 kilometer sebelah timur kota. Gempa ini kemudian dikonfirmasi oleh para pejabat Korut sebagai uji coba senjata nuklir di bawah tanah.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top