Menteri Keamanan Israel Tegur Polisi karena Terapkan Hukuman Kolektif pada Pemukim Yahudi

Minggu, 25 Juni 2023 - 20:45 WIB
loading...
Menteri Keamanan Israel Tegur Polisi karena Terapkan Hukuman Kolektif pada Pemukim Yahudi
Menteri Keamanan Israel menegur polisi karena menerapkan hukuman kolektif. FOTO/Reuters
A A A
YERUSALEM - Menteri polisi sayap kanan Israel , Itamar Ben-Gvir, pada Minggu (25/6/2023) menegur pasukan polisi negara itu atas apa yang disebutnya "hukuman kolektif" terhadap pemukim Yahudi . Teguran disampaikan Ben-Gvir ketika keretakan melebar antara Dinas Keamanan dan pemerintah atas kekerasan yang mengguncang Tepi Barat yang diduduki.

Pemukim Yahudi dilaporkan mengamuk di kota-kota dan desa-desa Palestina setelah pembunuhan empat warga Israel dalam penyergapan senjata Hamas. Kondisi ini telah mengundang kecaman internasional dan pernyataan keprihatinan Amerika Serikat (AS).



Pembicaraan perdamaian yang ditengahi AS yang bertujuan untuk mendirikan negara Palestina di Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan Gaza runtuh pada 2014. Sebagian besar negara menganggap permukiman yang dibangun Israel di tanah yang direbutnya dalam perang 1967 sebagai ilegal.

Kepala Dinas Keamanan Militer, polisi dan Shin Bet Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, bahwa tindakan para pemukim selama seminggu terakhir sama dengan “terorisme nasionalis,” yang mereka janjikan untuk dilawan.

Terminologi itu mengecewakan anggota sayap kanan pemerintah koalisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang telah menolak perbandingan antara militan Yahudi dan Palestina.

Ben-Gvir mengatakan, dia telah meminta polisi menjelaskan mengapa mereka menutup pintu gerbang ke pemukiman Ateret dan "menyerang seseorang yang berdiri di dekatnya."



Ben-Gvir mengatakan kepada kepala polisi bahwa "dia menentang segala pelanggaran hukum" tetapi tidak dapat menerima "hukuman kolektif" terhadap para pemukim, kata sebuah pernyataan dari partai menteri. Seorang juru bicara polisi mengatakan insiden itu sedang ditinjau.

Ateret dekat dengan desa Palestina Umm Safa, di mana mobil-mobil dibakar pada Sabtu dalam apa yang dikatakan warga sebagai serangan pemukim. Video pengamat menunjukkan orang-orang – digambarkan oleh warga Palestina setempat sebagai pemukim – menembakkan senapan ke arah seseorang yang berteriak dalam bahasa Arab. Tidak ada laporan korban jiwa.

Juru bicara Ateret Eli Rosenbaum mengatakan pemukim pergi ke Umm Safa untuk menghadapi warga Palestina yang berulang kali melakukan kerusuhan di jalan dan melempari mobil Israel dengan batu. Para pemukim itu bukan dari Ateret tetapi beberapa telah memarkir mobil mereka di dalam gerbangnya, katanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)