Pemberontakan Berakhir, Bos Wagner Grup Mengasingkan Diri ke Belarusia

Minggu, 25 Juni 2023 - 09:40 WIB
loading...
Pemberontakan Berakhir, Bos Wagner Grup Mengasingkan Diri ke Belarusia
Pemberontakan berakhir, bos kelompok tentara bayaran Rusia Wagner Grup Yevgeny Prigozhin akan ke Belarusia untuk mengasingkan diri. Foto/RNZ
A A A
MOSKOW - Tantangan terbesar bagi Presiden Rusia Vladimir Putin dalam lebih dari dua dekade kekuasaannya gagaldan berakhir dengan damai. Pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, yang sebelumnya memerintahkan pasukannya untuk menuju Moskow tiba-tiba mencapai kesepakatan dengan Kremlin untuk pergi ke pengasingan dan menyerukan mundur.

Pemberontakan singkat yang dramatis mengubah lanskap Kremlin dan perang 16 bulan di Ukraina serta mendorong Rusia untuk menarik tentara kembali dari medan perang untuk mempertahankan ibu kota, pengakuan yang menakjubkan atas ancaman yang ditimbulkan oleh tentara Grup Wagner di bawah komando Yevgeny Prigozhin.

Di bawah kesepakatan yang diumumkan oleh juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, Prigozhin akan pergi ke negara tetangga Belarusia dan tuduhan melakukan pemberontakan bersenjata akan dicabut. Pemerintah Rusia juga mengatakan tidak akan menuntut para pejuang yang ikut serta, sementara mereka yang tidak bergabung akan ditawari kontrak oleh Kementerian Pertahanan.



"Dengan membiarkan Prigozhin dan pasukannya bebas, tujuan tertinggi Presiden Putin adalah untuk menghindari pertumpahan darah dan konfrontasi internal dengan hasil yang tidak dapat diprediksi," kata Peskov seperti dikutip dari AP, Minggu (25/6/2023).

Putin sebelumnya telah bersumpah untuk menghukum mereka yang berada di belakang pemberontakan bersenjata yang dipimpin oleh mantan anak didiknya, yang pasukannya merebut fasilitas militer utama di Rusia selatan sebelum maju ke ibu kota. Dalam pidato yang disiarkan televisi kepada warga Rusia, dia menyebut pemberontakan itu sebagai "pengkhianatan" dan "menikam dari belakang".

Eskalasi dimulai pada hari Jumat, ketika Prigozhin mengklaim bahwa Kementerian Pertahanan menargetkan kamp belakang Wagner, dan mengumumkan bahwa pasukan Wagner akan pergi ke Moskow untuk "menyelesaikan" apa yang sebenarnya menyebabkan serangan tersebut.



Kementerian Pertahanan Rusia membantah laporan semacam itu, menganggapnya sebagai provokasi, sementara otoritas Layanan Keamanan Federal menuduh Prigozhin mencoba menghasut pemberontakan bersenjata.

Pasukan Wagner dan peralatan militer melakukan perjalanan dari pangkalan mereka ke kota Rusia Rostov-on-Don, di mana mereka menduduki markas besar militer, berjanji untuk pergi ke Moskow.

Menyusul mediasi Lukashenko, Prigozhin setuju untuk menghentikan eskalasi, mengatakan dia tidak ingin melakukan pembantaian berdarah di tanah airnya dan memerintahkan pasukan Wagner untuk kembali ke markas mereka di Republik Rakyat Lugansk.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)