Mundur dari Rostov-on-Don, Prigozhin dan Pasukannya Bersorak

Minggu, 25 Juni 2023 - 08:41 WIB
loading...
Mundur dari Rostov-on-Don, Prigozhin dan Pasukannya Bersorak
Mundur dari Rostov-on-Don, pasukan tentara bayaran Wagner bersorak. Foto/Sky News
A A A
MOSKOW - Sejumlah gambar muncul di dunia maya yang menunjukkan pemimpin kelompok Wagner , Yevgeny Prigozhin, dan pasukannya yang bersorak saat mereka mundur dari Rostov-on-Don, di mana mereka telah menguasai markas militer kota yang menjalankan operasi Rusia di Ukraina .

Kremlin sebelumnya telah mengumumkan kesepakatan yang akan membuat bos kelompok tentara bayaran Rusia pindah ke negara tetangga Belarusia dan tidak menghadapi tuntutan setelah dia memerintahkan pasukan untuk berbaris di Moskow.

Pasukan Prigozhin akan kembali ke kamp lapangan mereka di Ukraina, tempat mereka bertempur bersama tentara reguler Rusia.



Prigozhin sendiri telah meninggalkan markas militer Rusia di selatan kota Rostov-on-Don.

Foto dan video menunjukkan bos Wagner itu meninggalkan gedung dengan mobil setelah memerintahkan anak buahnya untuk kembali ke pangkalan.

Mundurnya pasukan Wagner ini dikonfirmasi oleh Gubernur Rostov yang mengatakan konvoi pasukan Wagner telah meninggalkan kota itu.

“Konvoi PMC Wagner meninggalkan Rostov dan menuju ke kamp lapangannya," kata Vasily Golubev di Telegram.



"Saya berterima kasih kepada semua orang yang dalam kondisi luar biasa ini memastikan kelancaran pengoperasian sistem pendukung kehidupan di ibu kota Don dan seluruh wilayah Rostov," sambungnya seperti dilansir dari Sky News, Minggu (25/6/2023).

Pasukan tentara bayaran Rusia itu mengambil alih kota pada dini hari tadi, tetapi bos mereka Yevgeny Prigozhin kemudian memerintahkan mereka untuk mundur setelah mencapai kesepakatan dengan Vladimir Putin yang ditengahi oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Perjanjian tersebut meredakan krisis yang merupakan tantangan paling signifikan bagi Presiden Vladimir Putin selama lebih dari dua dekade berkuasa.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)