Memberontak, Bos Tentara Bayaran Nyatakan Perang terhadap Militer Rusia

Sabtu, 24 Juni 2023 - 07:02 WIB
loading...
Memberontak, Bos Tentara Bayaran Nyatakan Perang terhadap Militer Rusia
Pemimpin tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin memberontak dan menyatakan perang terhadap militer Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Pemimpin tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin menuduh militer Rusia menyerang posisi Wagner di Ukraina dengan rudal dan menyatakan perang terhadap Kementerian Pertahanan.

"Kami berkekuatan 25.000 orang, dan kami akan mencari tahu mengapa kekacauan terjadi di Rusia," kata Prigozhin dalam pesan yang dibagikan di Telegram pada hari Jumat.

"Semua orang bebas untuk bergabung dengan kami," katanya lagi, seperti dikutip Newsweek, Sabtu (24/6/2023).

Prigozhin telah lama mengkritik para pemimpin militer Rusia dan sering mengungkapkan kekesalannya kepada mereka di Telegram.



Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu sering menjadi sasaran langsung kecamannya, dan Prigozhin pada hari Kamis menuduh menteri pertahanan berbohong kepada Presiden Rusia Vladimir Putin tentang kegagalan "kolosal" Rusia di medan perang Ukraina.

Menurut laporan Newsweek, setelah dugaan serangan itu, Prigozhin mengatakan dia "menyatakan perang terhadap Kementerian Pertahanan Rusia."

"Dewan Komandan PMC Wagner membuat keputusan: Kejahatan yang dibawa oleh pimpinan militer negara harus dihentikan," katanya, menurut terjemahan dari proyek WarTranslated.

"Mereka yang menghancurkan orang-orang kita hari ini, yang menghancurkan puluhan, puluhan ribu nyawa tentara Rusia akan dihukum," ujarnya.

"Saya bertanya: Tidak ada yang melawan. Setiap orang yang akan mencoba melawan, kami akan menganggap mereka sebagai bahaya dan segera menghancurkannya, termasuk setiap pos pemeriksaan dalam perjalanan kami. Dan setiap penerbangan yang kami lihat di atas kepala kami."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)