Putin: Barat Tampaknya Siap Berperang Habis-habisan di Ukraina

Kamis, 22 Juni 2023 - 19:50 WIB
loading...
Putin: Barat Tampaknya Siap Berperang Habis-habisan di Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut negara-negara Barat tampaknya siap berperang habis-habisnan di Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukan Ukraina telah melancarkan serangan besar-besaran di lima sektor arah Donetsk Selatan pada 4 Juni tetapi gagal mencapai tujuan mereka.

Menanggapi hal itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan sepertinya negara-negara Barat siap berperang habis-habisan di Ukraina.

"Peralatan (militer), tentu saja, dapat dipasok sebagai tambahan. Tetapi cadangan mobilisasi tidak terbatas. Dan tampaknya sekutu Barat Ukraina benar-benar memutuskan untuk melawan Rusia hingga orang Ukraina terakhir," kata Putin pada pertemuan Dewan Keamanan seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (22/6/2023).

Sementara itu Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev mengatakan Kiev telah kehilangan lebih dari 13.000 orang selama serangan balasannya.



"Adapun personel ... itu (kerugian Kiev) lebih dari 13.000 (orang)," kata Patrushev pada pertemuan dengan anggota Dewan Keamanan Rusia yang diadakan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Selain itu, Patrushev menambahkan, pasukan Rusia telah menghancurkan 246 tank Ukraina, termasuk 13 tipe Barat, serta 42 sistem peluncur roket ganda, dua sistem rudal anti-pesawat, 10 pesawat tempur taktis, empat helikopter, 264 kendaraan udara tak berawak, dan 424 unit kendaraan bermotor, yang telah digunakan Kiev selama serangan balasannya.

"Angka-angka tersebut didasarkan pada data umum untuk periode 4-21 Juni, yang disediakan oleh berbagai departemen," kata pejabat Rusia itu.

Dalam pertemuan itu, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan pasukan Ukraina telah memperlambat aktivitas mereka setelah pertempuran selama 16 hari dan berkumpul kembali.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)