Pemukim Israel Bakar Puluhan Rumah dan Mobil Warga Palestina

Kamis, 22 Juni 2023 - 02:01 WIB
loading...
Pemukim Israel Bakar Puluhan Rumah dan Mobil Warga Palestina
Pemukim Yahudi membakar rumah dan mobil warga Palestina di Ramallah, Tepi Barat, pada 21 Juni 2023. Foto/Issam Rimawi/Anadolu Agency
A A A
TEPI BARAT - Penduduk Palestina di desa Tepi Barat mengatakan ratusan pemukim Israel memasuki wilayah tersebut dan membakar puluhan rumah serta mobil. Tentara Israel melindungi aksi para pemukim Yahudi brutal itu.

Serangan pada Rabu (21/6/2023) terjadi sehari setelah sepasang pria bersenjata Palestina membunuh empat warga Israel di luar permukiman Tepi Barat.

Warga di Turmus Ayya mengatakan para pemukim mengamuk melalui jalan utama kota. Saksi mata mengatakan tentara Israel melindungi aksi para pemukim Yahudi.

Militer Israel pada Rabu mengerahkan pasukan tambahan di Tepi Barat yang diduduki. Situasi tersebut semakin meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Tak hanya itu, Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu mengumumkan rencana membangun 1.000 rumah pemukim baru sebagai tanggapan awal atas serangan penembakan Palestina yang menewaskan empat warga Israel sehari sebelumnya.

Pengumuman permukiman Israel mengancam akan meningkatkan ketegangan lebih lanjut setelah dua hari pertempuran mematikan di wilayah tersebut.

Palestina dan komunitas internasional menentang pembangunan permukiman di tanah yang diinginkan Palestina untuk negara masa depan.



Netanyahu mengatakan rumah akan dibangun di Eli, tempat serangan mematikan hari Rabu di mana sepasang pria bersenjata Palestina melepaskan tembakan di luar pompa bensin.

Pemerintah sayap kanan Israel didominasi para pemimpin dan pendukung pemukim.

“Jawaban kami terhadap teror adalah menyerang dengan keras dan membangun negara kami,” tegas Netanyahu.

Penembakan itu terjadi sehari setelah tujuh warga Palestina tewas dalam pertempuran sepanjang hari melawan pasukan Israel di kubu militan Jenin.

Kekerasan yang memburuk telah menciptakan ujian bagi pemerintah Israel dan mendorong seruan untuk operasi militer yang meluas di Tepi Barat.

Media Israel mengidentifikasi empat orang yang tewas sebagai Harel Masood (21), Ofer Fayerman (64), Elisha Anteman (18), dan Nahman-Shmuel Mordoff (17).

Seorang warga sipil Israel membunuh seorang penyerang di tempat kejadian, sementara pasukan Israel mengejar dan membunuh penembak kedua setelah dia melarikan diri.

Tentara mengatakan sedang meningkatkan kehadiran pasukannya di Tepi Barat. Pada Rabu pagi, dikatakan pasukan menangkap tiga tersangka di desa Palestina, Urif, sehubungan dengan serangan itu dan memetakan rumah kedua pria bersenjata itu sebelum kemungkinan pembongkarannya.

Israel menghancurkan rumah penyerang Palestina sebagai bagian dari kebijakan yang katanya bertujuan menghalangi orang lain menirunya. Para kritikus mengatakan taktik Israel itu sama dengan hukuman kolektif.

Hamas tidak secara resmi mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, meskipun mengidentifikasi dua pria bersenjata, Mohannad Faleh (26) yang dibunuh oleh seorang warga sipil di tempat kejadian dan Khaled Sabah (24) yang dibunuh oleh tentara saat dia melarikan diri sebagai anggotanya.

Sebagai buntut dari serangan Selasa, pemukim Israel menyerang properti Palestina di desa-desa yang berdekatan, menyebabkan kerusakan properti yang luas.

Setidaknya lima warga Palestina terluka dalam serangan oleh pemukim Israel, lapor radio militer Israel.

Penembakan Selasa terjadi setelah baku tembak besar-besaran antara militan Palestina dan pasukan Israel di kamp pengungsi Jenin utara sehari sebelumnya.

Tujuh warga Palestina tewas dan lebih dari 90 orang lainnya luka-luka dalam bentrokan itu. “Pada Rabu, jumlah korban tewas akibat serangan itu meningkat menjadi tujuh orang ketika Sadeel Naghniyeh yang berusia 15 tahun meninggal karena luka yang dideritanya dalam baku tembak,” ungkap pejabat kesehatan Palestina.

Delapan tentara Israel juga terluka dalam baku tembak itu. Penembakan mematikan pada Selasa adalah yang terbaru dari serangkaian panjang kekerasan di wilayah tersebut selama satu setengah tahun terakhir yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.

Sebanyak 130 warga Palestina dan 24 orang di pihak Israel telah tewas sepanjang tahun ini, menurut penghitungan The Associated Press.

Israel telah melakukan serangan hampir setiap malam di Tepi Barat sebagai tanggapan atas serangkaian serangan mematikan Palestina yang menargetkan warga sipil Israel pada awal tahun 2022.

Israel mengatakan sebagian besar orang Palestina yang terbunuh adalah militan, tetapi pemuda pelempar batu memprotes serangan tersebut dan warga lainnya yang tidak terlibat dalam konfrontasi juga telah dibunuh.

Israel merebut Tepi Barat, bersama dengan Yerusalem timur dan Jalur Gaza, dalam perang Timur Tengah 1967. Palestina menginginkan wilayah itu untuk negara merdeka di masa depan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)