10 Tradisi Perayaan Iduladha di Berbagai Negara, Nomor 2 dan 5 Menghias Tanduk Hewan Kurban

Rabu, 21 Juni 2023 - 14:54 WIB
loading...
A A A
Mereka kemudian mengenakan pakaian terbaik mereka dan merayakannya dengan pesta daging kambing atau sapi bersama orang yang mereka cintai.


4. Indonesia

10 Tradisi Perayaan Iduladha di Berbagai Negara, Nomor 2 dan 5 Menghias Tanduk Hewan Kurban

Foto/Reuters

Orang membeli hewan kurban dan proses penyembelihan dilaksanakan di halaman masjid atau mushola. Hari rakaya kurban adalah acara komunal dengan tetangga, keluarga, dan teman yang berkumpul untuk menyaksikan proses dan membantu sesuai kebutuhan.

5. Maroko

Masyarakat Maroko yang menyebut Iduladha sebagai "Iduladha Agung".

Mereka mengoleskan henna atau daun pacar ke dua tanduk hewan kurban, percaya bahwa itu akan menjadi "pertanda baik". Seminggu sebelum hari raya, para petani menjual hewan kurbannya.

Pemerintah membayar gaji seminggu di muka untuk memberikan kemudahan keuangan selama liburan. Bank juga menawarkan pinjaman khusus untuk Iduladha.

Jalanan Casablanca, kota tempat jantung ekonomi Maroko ramai, dipenuhi banyak orang.

6. Mesir

Iduladha lebih ramai dibandingkan Idulfitri di Mesir.

Orang-orang akan bertemu dengan teman dan orang yang mereka cintai dan saling mendoakan 'kol sana wa inta tayeb'. Ini berarti 'Saya harap setiap tahun menemukan Anda dengan baik'.

Daging kurban disumbangkan dengan kemurahan hati yang besar oleh masyarakat Mesir. Mereka yang kaya dan banyak organisasi amal akan memberikan daging dan bahan makanan lainnya kepada keluarga yang lapar.

Seluruh negeri, yang miskin dan yang membutuhkan akan menantikan saat ini ketika mereka dapat menerima daging yang bergizi.

7. Bangladesh

10 Tradisi Perayaan Iduladha di Berbagai Negara, Nomor 2 dan 5 Menghias Tanduk Hewan Kurban

Foto/Reuters

Di Bangladesh, Iduladha juga dikenal sebagai "Kurbanir Idul Fitri" atau "Bakri Idul Fitri". Hampir sebulan sebelum hari raya lebaran kurban, persiapan dimulai dengan sungguh-sungguh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)