Rusia Ciptakan Tank Kamikaze Mengerikan, Bawa Bom 6 Ton ke Sarang Tentara Ukraina

Selasa, 20 Juni 2023 - 14:30 WIB
loading...
Rusia Ciptakan Tank Kamikaze Mengerikan, Bawa Bom 6 Ton ke Sarang Tentara Ukraina
Rusia mengirim tank kamikaze ke sarang tentara Ukraina di garis depan pertempuran. Foto/Telegram/@romanov_92
A A A
MOSKOW - Video yang beredar secara online menunjukkan pasukan Rusia mengerahkan tank Ukraina yang direbut lalu mengubahnya menjadi Vehicle-Borne Improvised Explosive Device (VBIED) yang mengerikan.

Insiden serupa lainnya telah dilaporkan sejak awal konflik di Ukraina. Kehadiran tank kamikaze itu pun menjadi ancaman mengerikan bagi para tentara Kiev.



Rekaman "tank kamikaze" yang tidak dapat diverifikasi secara independen itu diduga direkam bulan ini di Donbass, dekat permukiman garis depan Maryinka, di sebelah barat kota Donetsk, Rusia.

Tank itu dikatakan memuat enam ton bahan peledak dan dikirim kembali ke posisi tentara Ukraina tanpa pengemudi.

Kendaraan tersebut, yang tampaknya adalah T-54 buatan Soviet, dilaporkan dihentikan oleh ranjau darat dan kemudian terkena granat berpeluncur roket, menyebabkan muatannya meledak.

Beberapa hari sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia melaporkan contoh yang lebih sukses dari taktik yang sama.

Seorang spesialis bahan peledak menjelaskan bagaimana pasukannya mengemas kendaraan MT-LB Ukraina yang direbut, dengan 3,5 ton bahan peledak dan lima bom penerbangan FAB-100, sebelum mengarahkannya ke pos terdepan Ukraina sekitar 300 meter.

“Muatan itu diledakkan dari jarak jauh sebagai akibatnya, musuh menderita kerugian yang signifikan, baik dalam peralatan maupun tenaga,” ujar komandan itu, mengutip komunikasi Ukraina yang disadap.



Kasus lain dilaporkan blogger militer pada Februari. Satu MT-LB diduga sarat dengan bom penerbangan dan bahan peledak khusus, yang biasanya digunakan kendaraan pembersih ranjau Meteorit UR-77 untuk menerobos jalur melintasi ladang ranjau dengan cepat, dan dikirim ke posisi Ukraina.

Setelah pasukan Ukraina mendekati kendaraan yang macet untuk menyelidiki, bahan peledak dipicu dari jarak jauh, menurut laporan.

Bukti insiden tersebut termasuk rekaman yang konon difilmkan tentara Ukraina sebelum dan sesudah ledakan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)