NATO Fokus Lindungi Aset Bawah Air dari Kemungkinan Sabotase

Minggu, 18 Juni 2023 - 18:25 WIB
loading...
NATO Fokus Lindungi Aset Bawah Air dari Kemungkinan Sabotase
NATO Fokus Lindungi Aset Bawah Air dari Kemungkinan Sabotase. FOTO/Reuters
A A A
BRUSSELS - NATO telah mendirikan pusat baru yang berfokus pada perlindungan jaringan pipa bawah laut dan kabel data. Langkah ini diambil menyusul serangan nyata terhadap jaringan pipa gas Nord Stream dan karena meningkatnya kekhawatiran bahwa Rusia telah memetakan infrastruktur bawah air Barat yang penting di sekitar Eropa.

“Para Menteri Pertahanan negara anggota NATO menyetujui rencana pendirian NATO “pusat maritim untuk keamanan infrastruktur bawah laut yang kritis” pada pertemuan di Brussels,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (16/6/2023).



Pusat ini akan berbasis di markas angkatan laut NATO di Northwood dekat London dan antara lain akan bertanggung jawab untuk menciptakan sistem pengawasan baru untuk memantau bagian Atlantik serta untuk wilayah di Laut Utara, Laut Baltik, Laut Mediterania, dan Laut Hitam.

Upaya untuk melindungi infrastruktur bawah air Barat yang kritis datang sebagai reaksi atas dugaan tindakan sabotase terhadap pipa gas alam Nord Stream 1 dan Nord Stream 2 pada bulan September. Siapa yang berada di balik penghancuran jaringan pipa masih belum jelas.

“Ancaman sedang berkembang,” kata mantan jenderal bintang tiga Jerman, Hans-Werner Wiermann. Ia menjelaskan bahwa NATO termotivasi untuk bertindak menyusul informasi bahwa kapal-kapal Rusia telah memetakan infrastruktur penting di wilayah aliansi NATO.



“Kapal-kapal Rusia telah secara aktif memetakan infrastruktur bawah laut kami yang kritis. Ada kekhawatiran yang meningkat bahwa Rusia dapat menargetkan kabel bawah laut dan infrastruktur penting lainnya dalam upaya mengganggu kehidupan Barat,” katanya kepada wartawan di markas besar NATO di Brussel.

Wiermann juga mengatakan, pusat NATO yang baru akan menyatukan anggota NATO, sekutu, dan sektor swasta untuk membantu “meningkatkan pembagian informasi tentang risiko dan ancaman yang berkembang”.

Sekitar 8.000 km (5.000 mil) jaringan pipa minyak dan gas melintasi Laut Utara saja, dan sistem data, jaringan, dan jaringan bawah air lainnya tidak mungkin dipantau terus-menerus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)