Daniel Ellsberg Pengungkap Kebohongan AS soal Perang Vietnam Meninggal pada Usia 92 Tahun

Sabtu, 17 Juni 2023 - 14:49 WIB
loading...
A A A
"Ellsberg adalah kakek dari pembocor rahasia," kata mantan pemimpin redaksi surat kabar The Guardian, Alan Rusbridger, kepada BBC.

"Intervensinya secara radikal mengubah opini publik dalam Perang Vietnam", kata Rusbridger di program World Tonight Radio 4. "Kasus terhadapnya menjadi preseden dan tidak ada pemerintah AS yang pernah mencoba untuk membatalkan [publikasi] surat kabar atas dasar keamanan nasional sejak saat itu."

Ellsberg lahir di Chicago pada 7 April 1931, dan dibesarkan di pinggiran kota Detroit, Michigan. Sebelum mencapai Pentagon, dia adalah seorang veteran Korps Marinir dengan gelar doktor Harvard yang pernah bekerja untuk Departemen Pertahanan dan Luar Negeri.

Menurut Rusbridger, para whistleblower baru-baru ini seperti Julian Assange dan Edward Snowden dibentuk oleh Ellsberg.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa kasus "Pentagon Papers" telah mendorongnya untuk berpikir "siapa yang dapat menentukan kepentingan nasional: apakah pemerintah saat ini atau orang-orang dengan hati nurani seperti Daniel Ellsberg?"

Ellsberg melanjutkan pencariannya untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah bertahun- tahun setelah "Pentagon Papers" bocor.

Selama wawancara pada Desember 2022, dia mengatakan kepada BBC Hardtalk bahwa dia adalah pendukung rahasia untuk kebocoran dokumen WikiLeaks.

Dalam kasus WikiLeaks, organisasi yang didirikan Julian Assange itu menerbitkan lebih dari 700.000 dokumen rahasia, video, dan kabel diplomatik, yang disediakan oleh analis intelijen Angkatan Darat AS, pada 2010.

Ellsberg mengatakan; "Assange dapat mengandalkan saya untuk menemukan cara agar [informasi] itu keluar."
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)