Sempat Hilang dari Radar, Pesawat Air Algerie Mendarat Darurat di Algiers

Sabtu, 06 Agustus 2016 - 23:59 WIB
Sempat Hilang dari Radar, Pesawat Air Algerie Mendarat Darurat di Algiers
Sempat Hilang dari Radar, Pesawat Air Algerie Mendarat Darurat di Algiers
A A A
ALGIERS - Sebuah pesawat Air Algerie berjenis Boeing 737-600 memicu ketakutan setelah dikabarkan menghilang dari radar. Pesawat tersebut menghilang dari radar sesaat setelah menyatakan keadaan darurat di udara.

Pesawat Air Algerie terbang meninggalkan ibukota Aljazair, Algiers, menuju ke Marseille, Prancis. Pesawat ini mengirimkan panggilan darurat tak lama setelah lepas landas sebelum kemudian menghilang dari radar.

Namun, media lokal di Aljazair kemudian mengumumkan pesawat itu mendarat dengan selamat di Algiers. Hal ini bisa dipahami karena pesawat itu menderita kegagalan teknis tak lama setelah lepas landas seperti dikutip dari Daily Express, Sabtu (6/8/2016).

Pesawat dengan nomor penerbangan AH1020 itu lepas landas dari negara di Afrika Utara itu pada 13:30 dan dijadwalkan tiba di Marseille pukul 16:00. Flight Radar 24, yang melacak penerbangan seluruh pesawat di seluruh dunia, memposting di Twitter bahwa posisi pesawat itu tidak diketahui tetapi meyakini jika pesawat itu tidak jatuh.

"Kami percaya terjadi masalah pada Air Algérie AH1020 *masalah cakupan area* BUKAN pesawat hilang. Cakupan ADS-B kami di Aljazair sangat terbatas," begitu tulis Flight Radar 24.

Beberapa ahli penerbangan menyatakan pesawat tidak mungkin terdeteksi oleh radar jika terbang di bawah 17 ribu kaki. Pesawat ini memiliki 123 kursi namun belum diketahui berapa banyak penumpang di pesawat itu. Hingga saat ini, pihak Air Algerie belum berkomentar soal ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3483 seconds (0.1#10.140)