Tentukan Awal Bulan Dzulhijah, Arab Saudi Minta Warganya Pantau Hilal

Jum'at, 16 Juni 2023 - 23:15 WIB
loading...
Tentukan Awal Bulan Dzulhijah, Arab Saudi Minta Warganya Pantau Hilal
Tentukan awal bulan Dzulhijjah, Arab Saudi meminta warganya memantau hilal. Foto/Ilustrasi
A A A
RIYADH - Arab Saudi meminta umat Islam di Kerajaan Teluk itu untuk memantau bulan sabit atau hilal sebagai tanda awal bulan Dzulhijah.

Menurut laporan kantor berita Arab Saudi, Saudi Press Agency, Mahmakah Agung negara itu meminta agar pemantauan dilakukan pada Minggu (18/6/2023).

Ibadah haji akan dimulai pada tanggal 8 Dzulhijah dan berlangsung hingga tanggal 13 Dzulhijah.



“Mahkamah Agung telah mengimbau seluruh umat Islam di seluruh Kerajaan Arab Saudi untuk memantau matahari terbenam tanggal 29 Dzulqaeda 1444 H sesuai dengan 18 Juni 2023, untuk memverifikasi munculnya bulan sabit Dhulhijah 1444H,” bunyi laporan SPA seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (16/6/2023).

Mereka yang melihat bulan sabit atau hilal diimbau untuk melaporkan hasilnya ke pengadilan terdekat atau melalui akses resmi ke pengadilan.

Melihat hilal juga akan membantu menyelesaikan tanggal Idul Adha karena jatuh pada hari ke 10 bulan Dzulhijah.



Idul Adha adalah hari raya besar dalam agama Islam di mana umat Muslim berkumpul untuk sholat, melakukan amalan dan menyembelih hewan korban.

Sebelumnya tetangga Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), mengumumkan libur Idul Adha untuk karyawan sektor publik dari Selasa, 27 Juni hingga Jumat, 30 Juni, selain akhir pekan dua hari pada Sabtu dan Minggu.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)