Dokter Sri Lanka Berhasil Keluarkan Batu Ginjal Terbesar dan Terberat di Dunia

Jum'at, 16 Juni 2023 - 01:21 WIB
loading...
Dokter Sri Lanka Berhasil Keluarkan Batu Ginjal Terbesar dan Terberat di Dunia
Dokter berhasil mengeluarkan batu ginjal terbesar dan terberat di dunia dari mantan tentara Sri Lanka. Foto/CNN
A A A
KOLOMBO - Sebuah batu ginjal yang ukurannya lebih besar dari bola bisbol berhasil dikeluarkan dari seorang pasien di Sri Lanka awal bulan ini. Batu ginjal tersebut pun dikonfirmasi telah memecahkan banyak rekor dunia karena ukurannya yang sangat besar.

Pasien tersebut diidentifikasi sebagai Canistus Coonge yang berusia 62 tahun, seorang pensiunan tentara.

Angkatan Darat Sri Lanka dalam rilis yang dikeluarkan minggu ini mengatakan dokter melakukan operasi pada Coonge pada 1 Juni lalu di Rumah Sakit Angkatan Darat Columbo di Ibu Kota Sri Lanka.

Batu ginjal seukuran grapefruit yang diangkat selama prosedur itu telah secara resmi ditambahkan ke Guinness World Records sebagai batu ginjal terbesar dan terberat yang pernah dikeluarkan melalui operasi besar.



Batu itu berukuran panjang 13,372 sentimeter – atau lebih dari 5,2 inci, mendekati panjang iPhone 14 Pro – dan beratnya 801 gram. Gambar yang diterbitkan oleh tentara Sri Lanka menunjukkan benda besar yang ditimbang dan diukur di dalam ruang operasi setelah operasi.

Guinness World Records kemudian mengonfirmasi bahwa batu ginjal itu sebenarnya lebih besar dan lebih berat daripada batu ginjang yang memegang rekor sebelumnya. Sebelum operasi di Columbo, batu ginjal terbesar di dunia ditemukan di India pada tahun 2004, dan berukuran panjang 13 sentimeter, atau sekitar 5,1 inci. Sedengkan batu ginjal terberat ditemukan di Pakistan pada tahun 2008, dengan berat 620 gram, atau sekitar 1,2 pon, menurut direktori Guinness.

"Batu ginjal adalah bahan padat seperti kerikil yang dapat terbentuk di salah satu atau kedua ginjal Anda ketika kadar mineral tertentu dalam urin Anda tinggi," menurut National Institutes of Health seperti dikutip dari CBS, Jumat (16/6/2023).

Jika batunya kecil, bisa melewati saluran kemih tanpa menimbulkan gejala. Ketika batu ginjal lebih besar, gejalanya bisa berupa nyeri di punggung, samping, perut bagian bawah atau selangkangan, atau darah dalam urin. Perawatan medis untuk batu ginjal biasanya melibatkan pemecahan batu menjadi beberapa bagian jika tidak dilakukan pengangkatan seluruhnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)