5 Fakta Kenaikan Populasi Dunia di saat Resesi Seks Terus Menguat

Rabu, 14 Juni 2023 - 16:15 WIB
loading...
5 Fakta Kenaikan Populasi Dunia di saat Resesi Seks Terus Menguat
Populasi dunia akan terus meningkat seiring resesi seks yang terus menguat. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Populasi dunia saat ini sebesar 7,6 miliar orang dan diperkirakan akan mencapai 8,6 miliar pada 2030, 9,8 miliar pada 2050 dan 11,2 miliar pada tahun 2100. Peningkatan tersebut di tengah tingkat kesuburan di berbagai negara mengalami penurunan dan tren resesi seks yang terus menguat.

Laporan terbaru Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan sekitar 83 juta orang bertambah setiap tahun. Tren peningkatan jumlah populasi diperkirakan akan terus berlanjut.

Berikut adalah 5 fakta terkait peningkatan jumlah populasi dunia dari tahun ke tahun.

1. Tahun 2024, Populasi India Melampui China

5 Fakta Kenaikan Populasi Dunia di saat Resesi Seks Terus Menguat

Foto/Reuters

Proyeksi baru mencakup beberapa temuan penting di tingkat negara di mana China dengan 1,4 miliar penduduk dan India dengan 1,3 miliar penduduk tetap menjadi dua negara terpadat, terdiri dari 19 dan 18% dari total populasi global.

Pada tahun 2024, populasi India diperkirakan akan melampaui China.

Di antara sepuluh negara terbesar di dunia, Nigeria berkembang paling pesat. Akibatnya, populasi Nigeria, yang saat ini terbesar ke-7 di dunia, diproyeksikan melampaui Amerika Serikat dan menjadi negara terbesar ketiga di dunia sesaat sebelum 2050.


2. Peningkatan Populasi Dikendalikan 9 Negara

5 Fakta Kenaikan Populasi Dunia di saat Resesi Seks Terus Menguat

Foto/Reuters

Sejak 2017 hingga 2050, diperkirakan setengah dari pertumbuhan populasi dunia akan terkonsentrasi hanya di sembilan negara: India, Nigeria, Republik Demokratik Kongo, Pakistan, Ethiopia, Republik Persatuan Tanzania, Amerika Serikat, Uganda dan India.

Kelompok 47 negara kurang berkembang terus memiliki tingkat fertilitas yang relatif tinggi, yaitu mencapai 4,3 kelahiran per perempuan pada 2010-2015. Akibatnya, populasi negara-negara ini tumbuh pesat, sekitar 2,4% per tahun.

Meskipun tingkat peningkatan ini diperkirakan akan melambat secara signifikan selama beberapa dekade mendatang, populasi gabungan negara berkembang, kira-kira diproyeksikan mencapai 1,9 miliar orang pada 2050.

Konsentrasi pertumbuhan populasi global di negara-negara termiskin menghadirkan tantangan besar bagi pemerintah dalam mengimplementasikan Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030. Mereka berupaya mengakhiri kemiskinan dan kelaparan, memperluas dan memperbarui sistem kesehatan dan pendidikan, mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, mengurangi ketidaksetaraan dan pastikan tidak ada yang tertinggal.

3. Tingkat Kesuburan Tak Berpengaruh

5 Fakta Kenaikan Populasi Dunia di saat Resesi Seks Terus Menguat

Foto/Reuters

Dalam beberapa tahun terakhir, kesuburan telah menurun di hampir semua wilayah di dunia. Namun di Afrika, di mana tingkat kesuburan tertinggi dibandingkan wilayah mana pun.

Semakin banyak negara sekarang memiliki tingkat kesuburan di bawah tingkat yang diperlukan untuk penggantian generasi berikutnya (kira-kira 2,1 kelahiran per wanita), dan beberapa telah berada dalam situasi tersebut selama beberapa dekade.

Kesuburan yang lebih rendah juga menyebabkan populasi yang menua. Penurunan tingkat kesuburan tidak hanya menghasilkan laju pertumbuhan penduduk yang lebih lambat tetapi juga pada populasi yang lebih tua.

Jumlah orang berusia 60 tahun ke atas diperkirakan akan meningkat lebih dari dua kali lipat pada 2050 dan lebih dari tiga kali lipat pada tahun 2100. Para warga senior akan meningkat 2,1 miliar pada tahun 2050 dan 3,1 miliar pada tahun 2100.

Di Eropa, 25% penduduknya sudah berusia 60 tahun atau lebih. Proporsi itu diproyeksikan mencapai 35% pada tahun 2050 dan tetap berada di sekitar level tersebut pada paruh kedua abad ini.


4. Harapan Hidup Lebih Tinggi

5 Fakta Kenaikan Populasi Dunia di saat Resesi Seks Terus Menguat

Foto/Reuters

Peningkatan substansial dalam harapan hidup telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Secara global, angka harapan hidup saat lahir telah meningkat dari 65 tahun untuk pria dan 69 tahun.

Kesenjangan harapan hidup saat lahir antara negara kurang berkembang dan negara berkembang lainnya menyempit. Meskipun perbedaan harapan hidup antar wilayah dan kelompok pendapatan diproyeksikan akan tetap ada di tahun-tahun mendatang, perbedaan tersebut diperkirakan akan berkurang secara signifikan pada tahun 2045-2050.

5. Pergerakan Pengungsi dan Migran

5 Fakta Kenaikan Populasi Dunia di saat Resesi Seks Terus Menguat

Foto/Reuters

Perpindahan besar migran antar wilayah terus terjadi, seringkali dari negara berpenghasilan rendah dan menengah menuju negara berpenghasilan tinggi. Meskipun migrasi internasional pada atau sekitar tingkat saat ini tidak akan cukup untuk mengkompensasi sepenuhnya kehilangan populasi yang diharapkan terkait dengan tingkat kesuburan yang rendah.

Krisis pengungsi Suriah telah berdampak besar pada tingkat dan pola migrasi internasional dalam beberapa tahun terakhir, yang mempengaruhi beberapa negara. Sebagian besar pengungsi ini pergi ke negara-negara tetangga Suriah, berkontribusi pada peningkatan substansial arus masuk migran terutama ke Turki, Lebanon dan Yordania.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)