Urutan Kekuatan Militer Negara G7 2023, Dua di Antaranya Masih Kalah dari Indonesia

Selasa, 13 Juni 2023 - 20:15 WIB
loading...
Urutan Kekuatan Militer Negara G7 2023, Dua di Antaranya Masih Kalah dari Indonesia
Tank Leopard dan tank Puma terlihat di pangkalan militer Munster, di Munster, Jerman, 7 Februari 2022. Foto/REUTERS/Fabian Bimmer
A A A
WASHINGTON - Kekuatan militer negara G7 atau Group of 7 ini menarik untuk diketahui, karena ketujuh negara tersebut merupakan sejumlah negara ekonomi maju dunia.

Dilansir dari Britannica, G7 merupakan organisasi antar pemerintah yang terbentuk pada tahun 1975 oleh tujuh negara, diantaranya Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, Jerman Barat, Italia, Kanada, dan Jepang.

Rusia sempat tergabung dalam organisasi tersebut pada tahun 1994 dan menjadikannya G8. Namun pada tahun 2014, Moskow sempat memicu krisis internasional ketika menduduki dan menganeksasi Crimea.

Hal tersebutlah yang membuat Rusia dalam anggota tersebut ditangguhkan dan membuat organisasi G8 kembali menjadi G7.

Meskipun dikenal sebagai negara ekonomi maju, rupanya tidak membuat posisi ketujuh negara ini berada di atas angin bila berbicara tentang kekuatan militernya.

Bahkan ada beberapa negara G7 yang kekuatan militernya berada di bawah negara berkembang bila mengacu pada pemeringkatan yang dilakukan oleh Global Fire Power di tahun 2023.

Urutan Kekuatan Militer Negara G7


Berikut ini urutan militer negara G7, di mana dua di antaranya menduduki peringkat di bawah Indonesia. Karena Tanah Air berada di peringkat 13 dalam Global Fire Power di tahun 2023.

1. Amerika Serikat


Negeri Paman Sam sampai saat ini masih memuncaki peringkat Global Fire Power, disusul oleh Rusia di posisi kedua pada tahun 2023.

Hal ini menjadikan Amerika Serikat sebagai negara G7 yang punya kekuatan ekonomi dan militer terbesar di dunia.

2. Inggris


Posisi kedua ada Inggris yang menempati urutan kelima dalam Global Fire Power 2023. Negeri Ratu Elizabeth masih kalah kuat dari China dan India.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)