5 Strategi Pangeran Mohammed bin Salman Memproduksi Senjata Nuklir

Selasa, 13 Juni 2023 - 10:10 WIB
loading...
A A A
Wacana yang dimainkan adalah program nuklir Israel dan India bertujuan untuk mengintimidasi dunia Islam. Saudi pun menjadi pemodal utama proyek bom atom terintegrasi Pakistan sendiri sejak 1974.

Kerja sama ini diduga dilanjutkan oleh perdana menteri sosialis Benazir Bhutto pada 1995. Pada 1998, Perdana Menteri Nawaz Sharif yang konservatif memberi tahu Arab Saudi secara rahasia sebelum memerintahkan uji coba nuklir di laboratorium pengujian senjata-III terletak di lokasi terpencil Chagai di Provinsi Balochistan Pakistan.

Sejak 1998, para diplomat dan badan intelijen Barat telah lama percaya bahwa ada kesepakatan di mana Pakistan akan menjual hulu ledak nuklir Arab Saudi dan teknologi nuklirnya sendiri jika keamanan di Teluk Persia memburuk. Kedua negara dengan tegas membantah adanya perjanjian semacam itu.

Pada 2003, globalsecurity.org melaporkan bahwa Pakistan dan Arab Saudi telah menandatangani perjanjian rahasia tentang kerja sama nuklir yang menyediakan Arab Saudi dengan teknologi senjata nuklir sebagai imbalan atas akses ke minyak murah untuk Pakistan.

Pada Maret 2006, majalah Jerman Cicero melaporkan bahwa Arab Saudi sejak tahun 2003 telah menerima bantuan dari Pakistan untuk mendapatkan rudal dan hulu ledak nuklir. Pada 2013, BBC melaporkan menggunakan berbagai sumber bahwa Arab Saudi telah mendanai pengembangan senjata nuklir di Pakistan.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)