Bersitegang, Ini Kekuatan Militer Israel vs Mesir

Senin, 12 Juni 2023 - 14:00 WIB
loading...
Bersitegang, Ini Kekuatan Militer Israel vs Mesir
Perbandingan kekuatan militer Israel dengan Mesir. Foto/YouTube
A A A
JAKARTA - Ketegangan menyelimuti hubungan Israel dan Mesir setelah tiga anggota tentara Zionis ditembak mati polisi Mesir.

Tiga tentara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) ditembak mati petugas polisi Mesir dalam dua insiden baku tembak yang terpisah di perbatasan kedua negara, Sabtu (6/3/2023).

Menurut IDF, pelaku yang membunuh ketiga tentara adalah petugas polisi Mesir. IDF menambahkan bahwa pihaknya dan militer Mesir sedang melakukan penyelidikan secara menyeluruh.

Militer Mesir kemudian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa petugas polisi itu mengejar penyelundup narkoba.

"Selama pengejaran, petugas keamanan terlibat dalam baku tembak yang menyebabkan kematian tiga tentara Israel," kata militer Mesir.

Meski tidak diinginkan, namun bayang-bayang konflik bersenjata mungkin saja menjadi kenyataan. Terlebih kedua negara punya catatan pernah terlibat konflik bersenjata di masa lalu.

Lalu bagaimana kekuatan militer kedua negara? Berikut adalah perbandingan kekuatan militer keduanya.

1. Personel Militer


Menurut laman Global Fire Power, Israel memiliki personel militer aktif sebanyak 173 ribu. Ini membuat Israel menduduki peringkat 29 dalam jumlah personel militer aktif di dunia. Sementara untuk personel cadangan Israel memiliki 465 ribu (11) dan paramiliter 8.000 (47).

Sementara Mesir memiliki jumlah personel militer aktif sebanyak 440 ribu (10) dengan personel cadangan sebanyak 480 ribu (10) dan paramiliter 300 ribu (9).

2. Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista)


Dalam segi alat utama sistem senjata (alutsista), baik di udara, laut maupun darat, Israel berada di bawah Mesir.

Untuk kekuatan armada angkatan udara, Israel memiliki 602 pesawat udara yang diantaranya terdiri dari 241 jet tempur dan helikopter 126 dan helikopter tempur 48 unit.

Mesir sendiri tercatat memiliki 1.069 unit pesawat udara yang diantaranya terdiri dari 245 jet tempur, 325 helikopter, dan 92 helikopter tempur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)