Ledakan Bom di Dalam Masjid Tewaskan Mantan Pejabat Polisi Taliban

Jum'at, 09 Juni 2023 - 02:30 WIB
loading...
Ledakan Bom di Dalam Masjid Tewaskan Mantan Pejabat Polisi Taliban
Ledakan Bom di Dalam Masjid Tewaskan Mantan Pejabat Polisi Taliban. FOTO/Reuters
A A A
KABUL - Sebuah bom menewaskan seorang mantan pejabat polisi Taliban di provinsi Badakhshan, timur laut Afghanistan , Kamis (8/6/2023). Bom meledak saat peringatan untuk seorang wakil gubernur yang tewas dalam ledakan sebelumnya.

“Safiullah Samim, mantan Kepala Polisi Taliban untuk Provinsi Baghlan utara, termasuk di antara mereka yang tewas dalam ledakan selama upacara pemakaman wakil gubernur provinsi Badakhshan,” jelas Moazuddin Ahmadi, Direktur Informasi dan Budaya Provinsi, seperti dikutip dari AP.



Ledakan terbaru terjadi di dekat masjid Nabawi, saat pemakaman Mawlavi Nisar Ahmad Ahmadi, Wakil Gubernur Badakhshan. Dia tewas akibat bom mobil pada Selasa (6/6/2023), bersama sopirnya di Faizabad, ibu kota Badakhshan.

Moazuddin tidak dapat memberikan jumlah pasti korban. Tetapi ia menambahkan, bahwa penyelidikan sedang berlangsung.

Dua sumber lokal yang meminta namanya dirahasiakan karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan media mengatakan, bahwa ledakan itu terjadi di dalam masjid, di mana pejabat Taliban dan masyarakat setempat menghadiri upacara peringatan, menewaskan sedikitnya 13 orang termasuk Samim.



Kelompok Negara Islam mengaku bertanggung jawab atas pemboman mobil hari Selasa yang menewaskan wakil gubernur dan sopirnya. Sepuluh orang juga terluka dalam ledakan itu.

Afiliasi regional kelompok Negara Islam – dikenal sebagai Negara Islam di Provinsi Khorasan – mengatakan pada saat itu, bahwa mereka telah melakukan serangan itu. ISIS mengatakan telah memarkir sebuah mobil bermuatan bahan peledak di jalan dan meledakkannya ketika kepala polisi berada di dekatnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)