Komandan Taliban Klaim Segera Taklukkan Iran, Ledek Presiden Raisi

Selasa, 30 Mei 2023 - 12:13 WIB
loading...
Komandan Taliban Klaim Segera Taklukkan Iran, Ledek Presiden Raisi
Taliban Afghanistan berseteru dengan Iran terkait sengketa air di wilayah perbatasan. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Seorang komandan Taliban Afghanistan mengeklaim organisasinya segera menaklukkan Iran ketika ketegangan meningkat atas sengkea air antara kedua negara, yang menyebabkan tiga orang tewas.

Dalam sebuah video yang dirilis oleh Taliban, seorang komandan senior yang tidak disebutkan namanya mengatakan organisasinya akan melawan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dengan lebih bersemangat daripada melawan pasukan Amerika Serikat (AS).

Dia menambahkan bahwa Taliban akan segera menaklukkan Iran jika para pemimpin Taliban—yang sekarang memerintah Afghanistan—memberikan lampu hijau.



Tak hanya video komandan tersebut, Taliban juga merilis video lain yang berisi ejekan terhadap Presiden Iran Ebrahim Raisi yang sekarang viral di media sosial.

Dalam video tersebut, yang dikutip The Jerusalem Post, Selasa (30/5/2023), seorang anggota Taliban mengisi satu jeriken kuning dengan air, dengan sinis mengatakan: "Tuan Raisi, ambil tong air ini dan jangan serang, kami ketakutan."

Media pemerintah Iran belum menjelaskan tentang bentrokan yang terjadi akhir pekan lalu di wilayah yang berbatasan dengan Afghanistan. Media pemerintah hanya mengeklaim dalam satu laporan bahwa itu terkait dengan perdagangan narkoba.

Sementara itu, pemerintah Iran mengeklaim bahwa Taliban menembak petugas IRGC di perbatasan terlebih dahulu. Namun, Taliban mengeklaim sebaliknya.

Sumber media lain termasuk Associated Press (AP) dan Iran International melaporkan bahwa bentrokan terjadi karena sengketa air, sebuah laporan yang sinkron dengan video yang dilansir Taliban.

Sebelumnya pada bulan Mei, Raisi memperingatkan Taliban untuk tidak melanggar hak Iran atas Sungai Helmand yang dibagi antara kedua negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)