10 Negara yang Memiliki Banyak Hutan, Indonesia Peringkat Berapa?

Senin, 05 Juni 2023 - 12:26 WIB
loading...
10 Negara yang Memiliki Banyak Hutan, Indonesia Peringkat Berapa?
Hutan mampu memberikan kehidupan bagi manusia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Hutan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Sangat bersyukur negara yang memiliki hutan yang luas dengan pepohonan yang rindang.

Di seluruh dunia, terdapat lebih dari tiga triliun pohon. Kabar baiknya adalah lebih dari tujuh kali estimasi awal dari empat ratus miliar pohon. Namun, kabar buruknya adalah manusia telah menebang 47% pohon sejak awal peradaban.

Pohon tidak diragukan lagi merupakan sumber alam dan kehidupan yang hebat. Dunia akan menjadi kurang bermakna dan beragam tanpa kehadiran pohon. Pohon menawarkan banyak manfaat, termasuk menangkap emisi karbon, menjaga habitat alami, dan mengurangi dampak bencana alam dan perubahan iklim.

Berikut adalah 10 negara dengan pohon terbanyak dan hutan yang luas.

1. Rusia

10 Negara yang Memiliki Banyak Hutan, Indonesia Peringkat Berapa?

Foto/Reuters

Rusia bukan hanya negara terbesar berdasarkan luas daratan, tetapi juga memiliki jumlah pohon terbanyak. Luas keseluruhan kawasan hutan di Rusia kira-kira 8.249.300 km persegi. Ini hampir 45% dari total luas daratan negara.


2. Kanada

Ukuran keseluruhan kawasan hutan Kanada adalah sekitar 4.916.438 km persegi. Ini mencakup hampir 30% dari total luas daratan negara.

3. Brasil

Amazon merupakan hutan hujan tropis terbesar di dunia, dan hampir 60% terletak di Brasil. Oleh karena itu, Brasil memiliki hutan yang luas hampir 4.776.980 km persegi. Itu mencakup hampir 56% dari keseluruhan luas daratan negara.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki luas hutan hampir 3.100.950 km persegi. Proporsi hutan tersebut merupakan 30% dari total luas daratannya.

5. China

10 Negara yang Memiliki Banyak Hutan, Indonesia Peringkat Berapa?

Foto/Reuters

China memiliki populasi yang besar serta luas daratan. Wilayah Cina memiliki hampir 2.083.210 km perseg hutan. Namun, hutan China sedang dihancurkan dengan kecepatan yang mengkhawatirkan, terutama karena penambangan dan modernisasi perkotaan.

6. Australia

Dengan sekitar 1.470.832 km2 lahan hutan, Australia memiliki sekitar 19% tutupan pohon. Ini terutama karena sebagian besar benua Australia terdiri dari tanah subur atau kering yang air tawarnya terbatas.


7. Republik Demokratik Kongo (DRC)

Cakupan hutan DRC kira-kira 1.172.704 km persegi. DRC merupakan satu-satunya negara di Afrika yang memiliki begitu banyak pohon. Cakupan hutan setara dengan hampir 52% dari total luas daratan negara.

8. Argentina

Sebagian besar hutan Argentina terletak di bagian paling selatan negara itu. Cakupan pohon kira-kira 945.336 km persegi. Itu mencakup hampir 32% dari total luas daratan negara. Hutan Argentina adalah tempat perlindungan penting bagi satwa liar serta daya tarik utama bagi wisatawan.

9.Indonesia

MeskipunIndonesia relatifkecil dan berbentuk negara kepulauan, itu memiliki hampir 884.950 km persegi hutan. Ini hampir 46% dari total luas daratannya. Pepohonan di Indonesia menyediakan tempat berlindung bagi berbagai spesies satwa liar dan tumbuh subur karena curah hujan yang tinggi di negara ini.

10. India

India merupakan salah satu negara terbesar di dunia dan merupakan rumah bagi banyak pohon. India memiliki hampir 802.088 km persegi berbagai jenis pohon. Pohon-pohon ini memberikan perlindungan bagi satwa liar dan juga merupakan sumber obat-obatan alami.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)