Ingin Pelajari Bagian Bawah Bumi, China Mulai Mengebor Lubang Terdalam di Dunia

Selasa, 06 Juni 2023 - 22:00 WIB
loading...
Ingin Pelajari Bagian Bawah Bumi, China Mulai Mengebor Lubang Terdalam di Dunia
China mulai mengebor lubang terdalam di dunia untuk mempelajari bagian bawah lapisan bumi. Foto/The Guardian
A A A
BEIJING - China telah mulai menggali lubang bor terdalam di dunia dalam upaya mempelajari wilayah terdalam di bawah permukaan bumi.

Menurut kantor berita milik pemerintah China, Xinhua, pengeboran dimulai pada hari Selasa (6/6/2023) di gurun cekungan Tarim wilayah barat laut Xinjiang. Dengan kedalaman 11.100 meter yang direncanakan, poros sempit akan menembus lebih dari 10 strata benua dan mencapai sistem kapur di kerak bumi - serangkaian batuan bertingkat yang berusia 145 juta tahun.

Proyek ini diperkirakan akan selesai dalam 457 hari dan telah digembar-gemborkan oleh media pemerintah China sebagai "penanda dalam eksplorasi Bumi-dalam China".

China National Petroleum Corporation, produsen minyak dan gas terkemuka negara yang memimpin proyek tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan sumur eksplorasi yang dalam akan memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari struktur internal dan evolusi Bumi, serta menyediakan data untuk penelitian geosains.



Wang Chunsheng, seorang pakar teknis yang terlibat dalam operasi tersebut, menggambarkannya sebagai upaya berani untuk menjelajahi wilayah Bumi yang tidak diketahui dan memperluas batas pemahaman manusia.

Namun, itu tidak akan menjadi prestasi yang mudah.

“Kesulitan konstruksi proyek pengeboran dapat dibandingkan dengan truk besar yang berjalan di atas dua kabel baja tipis,” kata Sun Jinsheng, seorang ilmuwan di Akademi Teknik China, kepada Xinhua yang disitir The Guardian.

Peralatan yang beratnya lebih dari 2.000 ton ini dirancang untuk menahan suhu bawah tanah hingga 200 Celcius dan tekanan atmosfer 1.300 kali lebih tinggi. Selain kondisi ekstrim jauh di bawah permukaan, lingkungan tanah yang keras di Cekungan Tarim – rumah bagi gurun terpanas dan terkering di China – menambah tantangan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)