Tanah Longsor Landa Barat Daya China, 14 Tewas

Minggu, 04 Juni 2023 - 20:20 WIB
loading...
Tanah Longsor Landa Barat Daya China, 14 Tewas
Tanah Longsor Landa Barat Daya China, 14 Tewas. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Tanah Longsor yang melanda provinsi Sichuan, China barat daya, Minggu (4/6/2023), menewaskan 14 orang. Dilaporkan pula 5 orang masih hilang dan terus diupayakan penyelamatannya oleh tim SAR.

Gunung di wilayah itu runtuh pada pukul 6 pagi di stasiun kehutanan milik negara di Jinkouhe, dekat kota Leshan, kata pemerintah setempat dalam pernyataan online.



"Hingga pukul 15.30, jenazah 14 korban telah ditemukan, sementara lima orang masih hilang," sebut pernyataan pemerintah setempat, seperti dikutip dari AP.

Pihak berwenang mengirim lebih dari 180 orang dan selusin peralatan penyelamatan dan pemulihan ke lokasi, menurut pernyataan itu. "Saat ini, pekerjaan pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan," lanjut pernyataan itu.

Situs tersebut berada di wilayah pegunungan sekitar 240 km selatan ibukota provinsi, Chengdu. Tanah longsor sering menjadi bahaya di daerah pedesaan dan pegunungan China, terutama selama bulan-bulan musim panas yang hujan.

Dihubungi oleh AFP, seorang pejabat di departemen publisitas Jinkouhe menolak memberikan komentar lebih lanjut tentang tanah longsor hari Minggu.



Pemukiman sekitar 40.000 orang terletak di antara pegunungan hijau dan sungai yang lebar dan ekonominya sebagian besar berjalan di bidang kehutanan, pembangkit listrik, pertanian, dan industri lainnya.

Terpencil dan berhutan lebat, sebagian besar Sichuan sangat rawan bencana. Cuaca ekstrem memicu serangkaian tanah longsor di provinsi tersebut pada tahun 2017, termasuk yang benar-benar mengubur desa pegunungan Xinmo, mengubur lebih dari 60 rumah.

Pada tahun 2019, hujan lebat kembali menyebabkan banyak tanah longsor, termasuk tanah longsor yang mengubur bagian rel yang sedang diperbaiki dan mereka yang mengerjakannya. Provinsi ini juga aktif secara seismik dan secara berkala mengalami gempa bumi yang mematikan.

Gempa berkekuatan 7,9 pada tahun 2008 menyebabkan lebih dari 87.000 orang tewas atau hilang, termasuk 5.335 siswa sekolah. Meskipun China telah memperkuat protokol keselamatan di industri ekstraktifnya dalam beberapa tahun terakhir, kecelakaan masih sering terjadi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)