Jerman akan Kerahkan 2 Kapal Perang ke Indo-Pasifik

Senin, 05 Juni 2023 - 20:58 WIB
loading...
A A A
Beijing telah menegaskan Laut China Selatan adalah zona maritim eksklusifnya. Namun, sekitar tujuh tahun lalu, pengadilan di bawah ketentuan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut 1982 dengan tegas menolak klaim teritorial Beijing atas perairan tersebut.

Meskipun demikian, China telah memasang pos-pos militer di setidaknya tiga pulau di laut.

Bulan lalu, Beijing menyatakan “ketidaksenangan yang signifikan” pada kunjungan menteri Jerman Bettina Stark-Watzinger ke Taiwan yang dipandang Beijing sebagai provinsi yang memisahkan diri.

China sering menegur negara-negara Barat karena terlibat dalam diplomasi dengan para pemimpin di Taipei, yang dipandang sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya di bawah prinsip “Satu-China”.

Pada Sabtu di konferensi yang sama di Singapura, Pistorius mengatakan dia telah "menjelaskan" kepada Beijing bahwa dia mengharapkan China mengakhiri praktiknya dalam merekrut mantan pilot militer Jerman untuk membantu melatih pasukannya sendiri.

Hal ini mengikuti laporan oleh majalah berita Jerman Spiegel pada Jumat, yang mengatakan China telah menerima pelatihan semacam itu selama bertahun-tahun.

Menurut laporan itu, para pejabat keamanan di Berlin khawatir pengetahuan militer pasukan Jerman dan NATO sedang dibahas.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)