Hebat, 5 Sejoli Ini Berhasil Menjadi Pemenang Nobel, Siapa Saja Mereka?

Sabtu, 25 Juli 2020 - 17:16 WIB
loading...
Hebat, 5 Sejoli Ini Berhasil Menjadi Pemenang Nobel, Siapa Saja Mereka?
Hingga 2019, Nobel telah diberikan kepada 943 orang dan organisasi. Uniknya dalam rentang 120 usia penghargaan Nobel, ternyata ada enam pasangan suami istri yang berhasil mendapatkannya. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
HADIAH Nobel adalah penghargaan internasional bergengsi yang diberikan setiap tahun dalam enam bidang: fisika, kimia, kedokteran, ilmu ekonomi, sastra, dan perdamaian. Hingga 2019, Nobel telah diberikan kepada 943 orang dan organisasi.

Uniknya dalam rentang 120 usia penghargaan Nobel, ternyata ada enam pasangan suami istri yang berhasil mendapatkannya. Siapa saja mereka? (Baca juga: 11 Pemenang Nobel Termuda Sepanjang Sejarah)

1. Abhijit Banerjee dan Esther Duflo (2019)

Hebat, 5 Sejoli Ini Berhasil Menjadi Pemenang Nobel, Siapa Saja Mereka?


Pasangan suami istri Abhijit Banerjee dan Esther Duflo dari Massachussetts Institute of Technology (MIT) bersama Michael Kremer dari Harvard University berhasil menyabet penghargaan Nobel Ekonomi 2019. Penghargaan ini, diberikan kepada ketiganya sebagai apresiasi atas dedikasi yang diberikan untuk memerangi kemiskinan.

Penelitian ketiganya dinilai sangat berpengaruh dalam mengurangi kemiskinan global dengan metode pendekatan baru di bidang pendidikan. (Baca juga: 9 Kumpulan Surat Menyentuh Para Peraih Nobel)

2. May-Britt dan Edvard Moser (2014)

Hebat, 5 Sejoli Ini Berhasil Menjadi Pemenang Nobel, Siapa Saja Mereka?


May-Britt dan Edvard Moser bertemu kali pertama di Universitas Oslo Norwegia. Mereka menikah pada musim panas 1985 dan memutuskan membentuk kemitraan akademik untuk mempelajari hubungan antara otak dan perilaku. Pada tahun 1990, mereka berdua lulus sarjana dengan gelar bidang psikologi. (Baca juga: 10 Ilmuwan Muslim yang Ubah Wajah Dunia)

May-Britt dan Edvard menerima gelar PhD dalam bidang neurofisiologi pada 1995. Bersamaan ilmuwan saraf John O'Keefe, mereka dianugerahi Hadiah Nobel Kedokteran 2014. Sayangnya, May-Britt dan Edvard bercerai pada 2016, tetapi mereka terus berkolaborasi pada berbagai proyek ilmiah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)