Tanah Longsor Landa Uganda Timur, 5 Tewas dan 7 Hilang

Sabtu, 27 Mei 2023 - 03:30 WIB
loading...
Tanah Longsor Landa Uganda Timur, 5 Tewas dan 7 Hilang
Tanah Longsor Landa Uganda Timur, 5 Tewas dan 7 Hilang. FOTO/Anadolu Agency
A A A
KAMPALA - Tanah longsor pada Kamis (25/5/2023) malam menewaskan lima orang di Uganda timur. Selain itu, longsoran tanah juga melukai beberapa orang lainnya. Dilaporkan pula 7 orang hilang di distrik Bulbuli.

Tanah longsor dilaporkan mengubur lebih dari sepuluh rumah. Sejumlah bangunan juga dilaporkan hancur akibat terjangan tanah. Banyak hewan peliharaan dilaporkan mati akibat bencana ini.



"Satu jenazah ditemukan pada Kamis malam, sementara empat jenazah lainnya telah ditemukan pada Jumat (26/5/2023) pagi. Jadi, kami memiliki lima jenazah yang dipastikan tewas," kata Irene Nakasita, juru bicara Palang Merah Uganda, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Nakasita juga menyatakan, bahwa bagian tanggap darurat mereka mengeluarkan panggilan mendesak pada Kamis malam untuk tanggapan di desa Bulugunya dan Bumasabo, yang terletak di distrik Bulambuli sekitar 300 kilometer (186 mil) timur ibu kota Kampala.



“Hujan deras menyebabkan tanah longsor. Kami mengirim tim untuk menyelamatkan nyawa,” lanjutnya. Tim penyelamat mendapatkan jenazah seorang anak laki-laki berusia 15 tahun dan beberapa orang terluka yang mereka bawa ke rumah sakit.

Pada hari Jumat, mereka mengeluarkan empat mayat lagi dari lumpur. Sejak Januari, hujan lebat di Uganda telah menimbulkan malapetaka, termasuk merusak jalan, menyebabkan tanah longsor dan banjir, yang berdampak pada kehidupan ribuan warga Uganda.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)