AS Bersumpah Tidak Akan Diam China Gertak Sekutunya

Sabtu, 03 Juni 2023 - 14:06 WIB
loading...
AS Bersumpah Tidak Akan Diam China Gertak Sekutunya
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin. Foto/Reuters
A A A
SINGAPURA - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin, telah bersumpah bahwa Washington tidak akan menerima paksaan dan intimidasi apa pun terhadap sekutu dan mitranya oleh China . Ia juga meyakinkan Beijing bahwa AS tetap berkomitmen untuk mempertahankan status quo di Taiwan dan lebih memilih dialog daripada konflik.

Berbicara di Singapura pada Dialog Shangri-La, KTT keamanan tertinggi Asia, Austin melobi untuk mendukung visi Washington tentang Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan aman dalam dunia yang penuh aturan dan hak sebagai jalan terbaik untuk melawan peningkatan kekuatan China di wilayah.

Dalam kesempatan itu, Austin juga mengaku sangat prihatin dengan keengganan China untuk terlibat lebih serius dalam manajemen krisis militer, memperingatkan bahwa pembicaraan adalah kunci untuk menghindari konflik. Jalur komunikasi terbuka antara pemimpin pertahanan dan militer AS dan China sangat penting.

Sebelumnya Menteri Pertahanan China, Jenderal Li Shangfu, menolak undangan untuk berbicara dengan Austin di konferensi tersebut, meskipun keduanya berjabat tangan sebelum duduk di sisi berlawanan dari meja yang sama saat forum dibuka pada hari Jumat.

“Semakin banyak kita berbicara, semakin kita dapat menghindari kesalahpahaman dan salah perhitungan yang dapat menyebabkan krisis atau konflik,” kata Austin.

“Jabat tangan yang ramah saat makan malam bukanlah pengganti hubungan yang substantif,” imbuhnya seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (3/6/2023).



AS sendiri telah memperluas aktivitasnya di sekitar Indo-Pasifik untuk melawan klaim teritorial dari China, termasuk secara teratur berlayar dan terbang di atas Selat Taiwan dan di Laut China Selatan.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap negara dapat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan,” ujar Austin.

“Dan setiap negara, besar atau kecil, harus tetap bebas melakukan aktivitas maritim yang sah,” imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)