Protes Kematian Mahasiswa, Demonstran Ditembaki Pasukan Iran

Sabtu, 03 Juni 2023 - 10:21 WIB
loading...
Protes Kematian Mahasiswa, Demonstran Ditembaki Pasukan Iran
Pasukan keamanan Iran menembaki aksi protes yang dipicu oleh kematian seorang mahasiswa yang baru-baru ini dibebaskan dari tahanan. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Pasukan keamanan Iran menembaki aksi protes yang dipicu oleh kematian seorang mahasiswa yang baru-baru ini dibebaskan dari tahanan. Hal itu diungkapkan kelompok hak asasi manusia dan pemantau, dengan beberapa orang dilaporkan terluka.

Aksi protes meletus pada Kamis malam di kota Abdanan, provinsi barat Ilam yang berpenduduk Kurdi, dipicu oleh kematian Bamshad Soleimankhani (21) pada akhir bulan lalu, hanya beberapa hari setelah dibebaskan dari penjara.

Kelompok Hengaw yang berbasis di Norwegia merilis gambar-gambar yang dilaporkan para pengunjuk rasa yang menunjukkan luka-luka dari pelet peluru, bersama dengan rekaman yang menunjukkan orang-orang di jalan-jalan dengan suara tembakan terdengar.



Tidak mungkin segera memverifikasi gambar-gambar itu.

"Dua puluh lima orang terluka dalam protes saat mereka meneriakkan slogan-slogan anti-rezim," kata Hengaw seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (3/6/2023).

Sementara itu jaringan Hak Asasi Manusia Kurdistan yang berbasis di Prancis mengatakan 10 orang terluka dalam protes tersebut.

Demonstrasi nasional meletus di Iran pada bulan September lalu, dipicu oleh kematian wanita Iran-Kurdi berusia 22 tahun, Mahsa Amini dalam penjara. Ia ditangkap karena diduga melanggar kode berpakaian ketat negara untuk wanita.



Protes mengguncang kepemimpinan ulama Iran, dan meskipun telah mereda dalam beberapa bulan terakhir, protes terus berlanjut secara sporadis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)