Berupaya Jalin Komunikasi, Bos CIA Diam-diam Sambangi China

Sabtu, 03 Juni 2023 - 09:44 WIB
loading...
Berupaya Jalin Komunikasi, Bos CIA Diam-diam Sambangi China
Direktur CIA, Bill Burns, diam-diam mengunjungi China untuk menekankan pentingnya komunikasi kedua negara. Foto/USA Today
A A A
WASHINGTON - Direktur badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA , Bill Burns diam-diam melakukan perjalanan ke China pada bulan Mei untuk menekankan perlunya menjaga jalur komunikasi antara Washington dan Beijing. Hal itu diungkapkan seorang pejabat Amerika Serikat (AS).

“Bulan lalu, Direktur Burns melakukan perjalanan ke Beijing, di mana dia bertemu dengan rekan-rekan China dan menekankan pentingnya menjaga jalur komunikasi terbuka di saluran intelijen,” kata pejabat tersebut seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (3/6/2023).

Berita perjalanan direktur CIA ini pertama kali dilaporkan oleh Financial Times.



Perjalanan Burns bertepatan dengan upaya pejabat pemerintahan Biden untuk melakukan pembicaraan langsung dengan rekan-rekan mereka dari China, yang terbukti sia-sia.

Bulan lalu, China menolak tawaran Pentagon untuk panggilan telepon antara kepala pertahanan mereka. Semanatara itu pada hari Jumat, Menteri Pertahanan Lloyd Austin berjalan mendekat dan berjabat tangan dengan mitranya dari China saat makan malam di Dialog Shangri-La di Singapura.

Hubungan AS-China telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir, dan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken membatalkan perjalanan ke Beijing awal tahun ini beberapa jam sebelum dia dijadwalkan meninggalkan Washington. Blinken membuat keputusan itu setelah balon mata-mata China terlihat di dekat Alaska dan melakukan perjalanan melintasi seluruh benua Amerika Serikat. Presiden Joe Biden kemudian memerintahkan agar balon itu ditembak jatuh di lepas pantai Carolina Selatan.



Pejabat AS tidak merahasiakan keinginan mereka untuk menjadwal ulang perjalanan Blinken. Namun, China dilaporkan menentangnya karena takut AS akan mengungkapkan lebih banyak informasi tentang balon mata-mata, yang diklaim Beijing untuk tujuan sipil.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)