Wabah Covid-19 Terus Menggila di AS, Lebih dari 4 Juta Orang Terinfeksi

Jum'at, 24 Juli 2020 - 06:04 WIB
loading...
Wabah Covid-19 Terus Menggila di AS, Lebih dari 4 Juta Orang Terinfeksi
Kasus virus corona AS melewati angka 4 juta karena infeksi yang semakin cepat. Foto/US News
A A A
WASHINGTON - Jumlah total kasus virus Corona baru yang dilaporkan di Amerika Serikat (AS) telah melewati angka 4 juta pada Kamis waktu setempat. Jumlah ini mencerminkan cepatnya infeksi yang terdeteksi di negara itu sejak kasus pertama dicatat pada 21 Januari, menurut perhitungan Reuters.

Negara itu hanya membutuhkan 98 hari untuk mencapai 1 juta kasus, tetapi hanya 16 hari untuk beralih dari 3 juta menjadi 4 juta, menurut penghitungan. Jumlah rata-rata kasus baru AS sekarang meningkat lebih dari 2.600 setiap jam, tertinggi di dunia.

Ketika pandemi telah menyebar secara luas ke seluruh negera, bergerak dari episentrum awal New York ke Selatan dan Barat, para pejabat federal, negara bagian dan lokal telah berselisih mengenai bagaimana melawannya, termasuk mengenai bagaimana dan kapan untuk melonggarkan pembatasan sosial dan ekonomi yang ditujukan membatasi laju infeksi.

Apakah mengeluarkan perintah menggunakan masker, praktik umum di seluruh dunia dan direkomendasikan oleh para ahli kesehatan pemerintah federal sendiri, telah menjadi sangat dipolitisasi, dengan khususnya beberapa gubernur dari Partai Republik menentangnya.(Baca: Pertikaian Politik Pecah AS, Hubungan Republik dan Demokrat Melebar )

Sikap permusuhan terhadap ide tersebut tampaknya berkurang minggu ini, bagaimanapun, termasuk dari pemerintahan Presiden Republik Donald Trump, yang pernah menolak mengenakan masker sebagai upaya untuk menjadi benar secara politis.

Trump, yang menghadapi penurunan popularitas dalam jajak pendapat atas penanganan krisis kesehatan menjelang pemilu November, telah lama menolak untuk mengenakan masker di depan umum tetapi minggu ini mendorong warga Amerika untuk melakukannya.

Sementara Trump tidak mengeluarkan mandat nasional, Asisten Sekretaris AS untuk Kesehatan Brett Giroir mengutip pentingnya masker dalam mengubah gelombang infeksi penyakit tersebut.

“Kita harus melakukan langkah-langkah mitigasi: memakai masker, menghindari keramaian. Kami tidak akan melihat rawat inap dan kematian turun selama beberapa minggu karena indikator yang tertinggal, tetapi kami mengubah gelombang itu," kata Giroir kepada Fox News Network seperti disitir dari Reuters, Jumat (24/7/2020).(Baca: Jika Diminta, Trump Siap Jadi Penerima Vaksin Covid-19 Pertama )

Ia juga mengatakan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil tes virus Corona kembali perlu dikurangi. Lonjakan besar dalam infeksi telah menciptakan jaminan pengujian.

Quest Diagnostics Inc, salah satu perusahaan uji medis terbesar di negara itu, mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan akan memangkas waktu penyelesaian selama seminggu untuk tes Covid-19 lebih dari setengahnya untuk mencapai level yang “dapat diterima” pada bulan September.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)