AS Desak Turki Segera Setujui Bergabungnya Swedia ke NATO

Rabu, 31 Mei 2023 - 11:53 WIB
loading...
AS Desak Turki Segera Setujui Bergabungnya Swedia ke NATO
AS Desak Turki Segera Setujui Bergabungnya Swedia ke NATO. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken pada Selasa (30/5/2023) mendesak Turki untuk segera menyelesaikan aksesi Swedia ke NATO. Menurut Blinken, Swedia telah mengambil langkah signifikan untuk mengatasi keberatan Ankara terhadap keanggotaannya.

Blinken juga menolak dugaan, bahwa persetujuan Turki atas tawaran NATO Swedia terkait dengan penjualan jet tempur F-16 ke Ankara, meskipun Presiden AS Biden pada awal pekan ini menyinggung hubungan antara keduanya.



Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Swedia di LuleĂĄ, Swedia utara, Blinken mengatakan, Washington akan terus bekerja untuk menyelesaikan aksesi Swedia tepat waktu untuk KTT NATO pertengahan Juli, yang akan mempertemukan para kepala negara aliansi.

“Kami percaya waktunya sekarang dan tidak ada alasan untuk tidak bergerak maju,” kata Blinken, seperti dikutip dari Reuters. “(Turki) telah menyampaikan keprihatinan yang penting dan sah. Swedia dan Finlandia sama-sama menangani masalah tersebut,” lanjutnya.

“Kami berharap proses ini selesai dalam beberapa minggu ke depan. Kami tidak ragu bahwa itu bisa, dan itu harus dan kami harapkan,” tambah Blinken.



Komentarnya muncul beberapa jam setelah Turki meminta Swedia untuk mengadili mereka yang bertanggung jawab memproyeksikan bendera kelompok terlarang ke gedung parlemen di Stockholm, pada hari pemilihan Turki yang memperpanjang kekuasaan Presiden Tayyip ErdoÄźan.

Swedia dan Finlandia melamar keanggotaan NATO tahun lalu, membuang kebijakan non-blok militer yang telah lama dipegang setelah invasi Rusia ke Ukraina. Tawaran keanggotaan harus disetujui oleh semua anggota NATO, tetapi Turki dan Hungaria belum menyetujui tawaran Swedia.

Turki meratifikasi aksesi Finlandia ke NATO pada akhir Maret tetapi terus menolak Swedia, mengatakan Stockholm menampung anggota kelompok militan yang dianggap teroris. Hongaria juga belum menyetujui tawaran Swedia.



“Kami terus berhubungan dengan rekan-rekan Turki kami mengenai masalah khusus ini,” kata Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson.

“Kami memiliki sebuah memorandum dan kami memenuhinya dan bagian paling akhir dari itu sebenarnya diberlakukan pada 1 Juni, lusa, dengan undang-undang baru dalam kontra-terorisme. Ini adalah langkah penting dan dengan demikian kami telah melakukan apa yang telah kami katakan kepada teman-teman Turki kami,” lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)