alexametrics

China Jamin Ramadhan di Xinjiang Berjalan Penuh Damai

loading...
China Jamin Ramadhan di Xinjiang Berjalan Penuh Damai
China menjamin kebebasan beribadah umat musli Xinjiang di bulan Ramadhan | (Live-av)
A+ A-
BEIJING - Jelang bulan suci Ramadhan, Pemerintah China menyatakan tidak ada praktek diskriminasi di wilayah barat Xinjiang dan tidak akan ada gangguan dalam aktivitas Ramadhan.

"Selama bulan suci Islam, Ramadhan, apakah menutup atau membuka restoran halal sepenuhnya ditentukan oleh pemiliknya sendiri tanpa gangguan," bunyi laporan pemerintah China tentang kebebasan beragama di Xinjiang.

"Tidak ada warga yang menderita diskriminasi atau perlakuan tidak adil terhadap agama apapun. Perasaan dan kebutuhan religius warga dihormati sepenuhnya," sambung laporan itu seperti dikutip dari Reuters, Kamis (2/6/2016).



Bulan suci Ramadhan, yang dimulai pekan depan, adalah waktu yang sensitif di Xinjiang. Dalam beberapa tahun terakhir di wilayah ini terjadi serangan mematikan. Beijing menuding militan Islam telah menewaskan ratusan orang.

Menurut kelompok pembela HAM, salah satu masalah utama di Xinjiang adalah kontrol pemerintah pada budaya Uighur dan Islam yang memicu ketegangan etnis. Salah satunya adalah peraturan yang melarang orang untuk menunjukkan ketaatan terhadap agamanya, seperti mengenakan kerudung atau berjenggot bagi kaum pria.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak