5 Negara Ini dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Dunia, No 2 Berbatasan dengan Indonesia

Selasa, 30 Mei 2023 - 11:32 WIB
loading...
A A A
Aktivitas kriminal yang terus meningkat di Papua Nugini disebabkan maraknya perdagangan senjata. Perdagangan senjata menjadi masalah lama dan serius di Papua Nugini, dengan impor senjata ilegal mempersenjatai kelompok kriminal yang beroperasi di negara tersebut.

Sebagian besar perdagangan senjata ilegal terjadi di wilayah perbatasan antara Papua Nugini dan Indonesia, dan di wilayah yang berbatasan dengan Selat Torres, yang dibagi dengan Australia.

Perdagangan senjata ilegal terkait dengan sejumlah kegiatan kriminal lainnya, karena jaringan kriminal sering memperdagangkan senjata untuk ganja yang ditanam di Papua Nugini, atau mengeksploitasi korupsi dalam penegakan hukum untuk memastikan pengiriman senjata yang aman ke negara tersebut.

Kemudian, pasar ganja adalah pasar obat yang paling menyebar di Papua Nugini, serta obat yang paling banyak diproduksi dan dikonsumsi di negara itu. Sementara sebagian besar ganja yang dibudidayakan di Papua Nugini adalah untuk keperluan rumah tangga, sebagian besar diselundupkan ke luar negeri, seringkali dengan keterlibatan aktor kriminal asing, dan dalam beberapa kasus ditukar dengan komoditas terlarang lainnya, terutama senjata kecil dan ringan.

3. Afghanistan

5 Negara Ini dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Dunia, No 2 Berbatasan dengan Indonesia

Foto/Reuters

Kejahatan paling nyata di Afghanistan adalah perdagangan heroin dan narkoba sintetik. Pasar heroin Afghanistan adalah yang terbesar di dunia: hampir semua produksi opium global terjadi di negara tersebut.

Heroin Afghanistan diekspor ke setiap wilayah di dunia kecuali Amerika Latin. Rute transportasi baru juga telah dibuka dalam beberapa tahun terakhir untuk melayani berbagai pasar Asia, Timur Tengah, dan Afrika dengan lebih baik, dan pada tingkat yang lebih rendah, pasar Skandinavia.

Kemudian, lebih dari empat dekade konflik telah mengakibatkan perdagangan senjata menjadi masalah serius di Afghanistan. Tingkat ketidakamanan yang tinggi menimbulkan permintaan besar akan senjata dan menciptakan akses mudah ke pasar gelap senjata untuk milisi, pemberontak, dan warga sipil.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)