Armada Drone yang Dibanggakan Ukraina Hampir Musnah dalam Perang

Senin, 29 Mei 2023 - 22:01 WIB
loading...
Armada Drone yang Dibanggakan Ukraina Hampir Musnah dalam Perang
Drone Bayraktar buatan Turki yang ditembak jatuh di Republik Rakyat Lugansk dipamerkan di ajang Army-2022, Moskow, 18 Agustus 2022. Foto/Sputnik/Evgeny Biyatov
A A A
KIEV - Drone Bayraktar Turki disebut-sebut sebagai senjata ajaib, dengan para pejabat Ukraina mengatakan UAV itu akan memberi mereka keuntungan melawan Rusia.

“Namun, satu tahun kemudian, hanya beberapa unit drone yang tersisa yang digunakan jauh dari medan perang, dan untuk pengintaian saja, bukannya misi penyerangan,” ungkap seorang analis think tank terkait Pentagon kepada Business Insider.

Ukraina membeli lusinan drone Bayraktar TB2 dan menggunakannya untuk menyerang Donbass yang melanggar perjanjian gencatan senjata setidaknya sekali, bahkan sebelum konflik dengan Rusia dimulai Februari lalu.

Kiev juga mengklaim telah menerima drone tambahan dalam jumlah yang tidak ditentukan selama setahun terakhir, terlepas dari netralitas resmi Turki dalam konflik itu.

Pada bulan-bulan pertama konflik, Kiev secara rutin mengklaim telah melakukan serangan yang berhasil menggunakan TB2.

“Tetapi pada Juli, Bayraktar menjadi hampir tidak berguna, dan Kiev mencadangkannya untuk operasi khusus yang langka," ungkap pilot Ukraina kepada Foreign Policy pada saat itu.

“Pasukan Rusia menghancurkan lebih dari 100 drone Bayraktar di Ukraina,” papar Wakil Panglima Angkatan Udara, Letnan Jenderal Andrey Demin, pada April.



“Sampai sekarang, armada Ukraina untuk drone yang dulu berharga, hampir seluruhnya telah ditembak jatuh," tulis Business Insider pada Minggu (28/5/2023).

Laporan itu mengutip seorang ahli dalam sistem militer tak berawak dan robot di Pusat Analisis Angkatan Laut, Samuel Bendett.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)