Zelensky Sesumbar Kemunculan Jet Tempur F-16 Bakal Jadi Sinyal Kekalahan Rusia

Kamis, 25 Mei 2023 - 21:37 WIB
loading...
Zelensky Sesumbar Kemunculan Jet Tempur F-16 Bakal Jadi Sinyal Kekalahan Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sesumbar kemunculan jet tempur F-16 bakal jadi sinyal kekalahan Rusia. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
KIEV - Presiden Ukraina , Volodymyr Zelensky , mengatakan negaranya melakukan segala yang mereka bisa untuk mengurangi waktu sampai pesawat baru dengan pilot Ukraina muncul di langit.

Dalam pidato malamnya, Zelenskyy mengatakan jet tempur F-16 Ukraina pertama akan menjadi salah satu sinyal terkuat bahwa teror Rusia telah hilang.

"Kami melakukan semua yang kami bisa untuk mengurangi waktu sampai hasil tercapai, sampai pesawat baru dan kuat dengan pilot Ukraina muncul di langit Ukraina," kata Zelensky seperti dikutip dari Sky News, Kamis (25/5/2023).



“(Jet tempur) F-16 Ukraina pertama akan menjadi salah satu sinyal terkuat dari dunia bahwa Rusia hanya akan kalah karena agresinya sendiri, menjadi lebih lemah dan lebih terisolasi," imbuhnya.

"Ini akan menjadi sinyal bahwa teror Rusia telah hilang, dan dunia kita, yang didasarkan pada penghormatan terhadap negara merdeka dan hak rakyat untuk memilih jalan mereka sendiri, telah bertahan," tegasnya.

Ukraina telah lama meminta jet tempur canggih, yang dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 1.500 mph dan memiliki jangkauan lebih dari 2.002 mil, kepada para sekutunya.

Sementara Amerika Serikat (AS) telah mengizinkan sekutu Barat untuk memberikan jet tempur F-16 ke Ukraina dan mendukung pelatihan untuk pilot Ukraina menerbangkannya, pemerintahan Biden masih memeriksa apakah akan secara langsung menyediakan jet tempur F-16 sendiri ke Ukraina.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)