7 Negara yang Memiliki Ibu Kota Lebih dari Satu, Nomor Terakhir Punya 3 Sekaligus

Kamis, 25 Mei 2023 - 18:47 WIB
loading...
7 Negara yang Memiliki Ibu Kota Lebih dari Satu, Nomor Terakhir Punya 3 Sekaligus
Sejumlah negara tercatat memiliki ibu kota lebih dari satu. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Secara umum, sebuah negara mungkin dikenal hanya memiliki satu ibu kota sebagai pusat pemerintahannya. Namun, ternyata ada sejumlah negara yang memiliki ibu kota lebih dari satu.

Terdapat sedikitnya tujuh negara yang memiliki ibu kota lebih dari satu. Dari sekian nama, salah satunya bahkan memiliki ibu kota tiga sekaligus.

Dalam hal ini, memiliki ibu kota lebih dari satu, alasannya beragam. Bisa karena aspek historis, proses perpindahan, pembagian kekuasaan, dan lain sebagainya. Lantas, negara mana sajakah yang memiliki ibu kota lebih dari satu?

Negara yang Memiliki Ibu Kota Lebih dari Satu

1. Bolivia


Bolivia merupakan sebuah negara yang terletak di Amerika Selatan. Negara ini berbatasan dengan Brasil di utara dan timur, Paraguay di tenggara, Argentina di selatan, Chili di barat daya, serta Peru di barat.

Mengutip laman World Atlas, Bolivia memiliki dua ibu kota. Keduanya masing-masing adalah La Paz dan Sucre.

La Paz menjadi ibu kota administratif sekaligus pusat pemerintahan Bolivia. Sementara Sucre menjadi ibu kota konstitusional dan yudisial.

2. Benin


Jarang dikenal, Benin merupakan negara di kawasan Afrika Barat. Wilayahnya berbatasan dengan Togo di barat, Nigeria di timur, Burkina Faso di barat laut, serta Niger di timur laut.

Ibu kota dari negara ini adalah Porto-Novo dan Cotonou. Porto-Novo sebagai ibu kota resminya, sedangkan Cotonou adalah pusat pemerintahan Benin.

3. Chile


Pada letaknya, Chile berada di kawasan Amerika Selatan bagian barat. Negara ini juga memiliki dua ibu kota negara, yaitu Santiago dan Valparaiso.

Mengutip India Times, Santiago adalah kota terbesar dan pusat pemerintahan. Sementara Valparaiso dinobatkan menjadi ibu kota kedua sekitar tahun 1990.

4. Belanda


Beralih ke Eropa, Belanda juga memiliki dua ibu kota. Mengutip Unacademy, Amsterdam menjadi ibu kota resmi Belanda, sedangkan Den Haag adalah ibu kota administratif yang menampung pemerintahan dan pengadilan.

5. Sri Lanka


Kolombo dan Sri Jayawardenapura Kotte menjadi ibu kota Sri Lanka. Sementara Kolombo adalah ibu kota eksekutif dan yudikatif, Sri Jayawardenapura menjadi ibu kota legislatif.

6. Tanzania


Kembali ke kawasan Afrika, Tanzania memiliki ibu kota resmi di Dodoma. Selain itu, mereka juga memiliki kota Dar es Salaam yang menjadi pusat pemerintahannya.

7. Afrika Selatan


Kemudian ada Afrika Selatan. Berbeda dengan negara-negara di atas, mereka memiliki tiga ibu kota negara sekaligus.

Mengutip laman ThoughCo, Afrika Selatan membagi kekuasaan pemerintahannya di Pretoria, Cape Town, dan Bloemfontein. Dalam hal ini, Pretoria menjadi ibu kota administratif, Cape Town sebagai ibu kota legislatif, dan Bloemfontein menjadi ibu kota yudikatif.

Itulah sejumlah negara yang memiliki ibu kota lebih dari satu.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0903 seconds (0.1#10.140)