6 Strategi Oposisi Turki Menumbangkan Presiden Erdogan

Kamis, 25 Mei 2023 - 10:55 WIB
loading...
A A A
Kilicdaroglu juga menuduh Erdogan berkolusi dengan “teroris” dalam pidatonya pada 18 Mei, setelah Erdogan menerima dukungan dari partai pro-Kurdi negara itu, Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Kilicdaroglu berkata, tidak pernah duduk dengan organisasi teroris.

4. Didukung Walikota Istanbul

Media lokal melaporkan bahwa Walikota Istanbul yang berpengaruh Ekrem Imamoglu memimpin kampanye pemungutan suara putaran kedua untuk Kilicdaroglu. Politisi populer itu dipandang sebagai saingan potensial Erdogan dalam pemilu Mei 2023; banyak yang menginginkan dia menjadi calon presiden pada pemilu kali ini dibandingkan Kilicdaroglu.

Imamoglu terpilih sebagai walikota pada Maret 2019, pukulan telak bagi partai Erdogan.



5. Mempermasalahkan Sistem Pemilu

Setelah pemungutan suara putaran pertama, partai oposisi di Turki melaporkan ribuan ketidaksesuaian dan ketidakberesan surat suara. Perbedaannya, kata mereka, antara yang tercatat di TPS dan suara yang masuk ke dalam sistem Dewan Pemilihan Umum.

Muharrem Erkek, wakil ketua Partai Rakyat Republik (CHP), pendukung Kilicdaroglu , mengklaim suara untuk Kilicdaroglu telah dialokasikan secara tidak benar kepada Muharrem Ince, yang menarik diri dari pemilihan presiden tiga hari sebelum pemilihan.
Erkek mengatakan suara tambahan juga diberikan kepada Erdogan. namun, dia tidak memberikan bukti. Dia bersumpah untuk mengikuti "setiap suara", menyarankan partai akan memantau penyimpangan dari putaran kedua 28 Mei.

6. Membangun Semangat Basis Pendukung
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)