6 Strategi Oposisi Turki Menumbangkan Presiden Erdogan

Kamis, 25 Mei 2023 - 10:55 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya, dia berjanji akan memulangkan warga Suriah secara sukarela dalam waktu dua tahun.

Dia juga akan mencari dana dari Uni Eropa (UE) untuk membangun rumah, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas lainnya di Suriah. Nantinya, dia akan mendorong pengusaha Turki untuk membuka pabrik dan bisnis guna menciptakan lapangan kerja.

Pada kampanye pemilu presiden putaran kedua, Kilicdaroglu menuduh Erdogan mengizinkan 10 juta migran ilegal memasuki Turki. Dia memperingatkan jumlah migran di Turki bisa mencapai 30 juta. Tapi, data tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Dia pun berulang kali menyerang Erdogan. "Erdogan tidak melindungi perbatasan dan kehormatan (Turki)," kata Kilicdaroglu, dilansir Al Jazeera.

Dalam berbagai baliho kampanye di berbagai kota di Turki menunjukkan gambar menunjukkan Kilicdaroglu yang tersenyum di samping slogan "Pengungsi Suriah akan pergi!"

3. Mengubah Citra

Sikap santun dan sopan Kilicdaroglu menunjukkan sebagai anti-tesis dari gaya bombastis Erdogan.

Selama kampanye, Kilicdaroglu memainkan citranya yang lebih sederhana. Dia menayangkan video di Twitter tentang dapurnya.

Dia menunjukkan lambang kampanyenya berbentuk tanda hati yang dibentuk dengan tangan, isyarat yang dilakukan pendukungnya pada aksi unjuk rasa.

Citra tersebut diubah pada kampanye pemilu presiden putaran kedua. Dia mencitrakan diri sebagai citra "kakek" yang menjadi "pemimpin tangguh", terutama dengan pendiriannya sebagai pengungsi Suriah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)