Assad dan Mohammed bin Salman Mesra di KTT Liga Arab: Dulu Musuh, Kini Salaman dan Cium Pipi

Sabtu, 20 Mei 2023 - 07:49 WIB
loading...
Assad dan Mohammed bin Salman Mesra di KTT Liga Arab: Dulu Musuh, Kini Salaman dan Cium Pipi
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (kiri) bersalaman dengan Presiden Bashar al-Assad di KTT Liga Arab di Jeddah, Jumat (19/5/2023) sore. Foto/Royal Court of Saudi Arabia/via Anadolu Agency
A A A
JEDDAH - Kehadiran Presiden Suriah Bashar al-Assad menjadi momen spesial di KTT Liga Arab di Jeddah, Arab Saudi. Dia bersalaman, berpelukan, dan cium pipi dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman yang dulu memusuhinya.

Pemandangan langka itu dilaporkan kantor berita Reuters,Sabtu (20/5/2023). Itu adalah yang pertama kalinya Assad hadir dan disambut di KTT Liga Arab sejak perang saudara pecah di Suriah lebih dari satu dekade silam.

Saat dia berjalan ke tempat KTT di Jeddah pada Jumat sore, Assad yang berseri-seri mengulurkan tangannya ke Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, yang meraihnya dan mencium pipi Assad satu kali.

Itu adalah momen simbolis, menyegel reintegrasi Assad ke dalam lipatan Arab setelah diskors dari Liga Arab dan diisolasi oleh sebagian besar wilayah selama lebih dari satu dekade karena tindakan kerasnya terhadap protes terhadapnya.



Arab Saudi menentang keras Assad segera setelah krisis Suriah pecah pada tahun 2011 tetapi, baru-baru ini, mengubah taktik bersama dengan banyak negara Arab yang diwakili di KTT—meskipun ada keberatan dari Barat dan banyak warga Suriah di pengasingan yang masih melihatnya sebagai penjahat perang.

Saat Assad berbaris untuk foto keluarga Liga Arab, dia berjabat tangan dengan rekannya dari Mesir, Abdel Fattah Al-Sisi.

Kedua pemimpin itu tersenyum, memberi isyarat dengan tangan mereka dan memiringkan kepala saat mereka mengobrol.

Assad kemudian menoleh sebentar untuk berbicara dengan Presiden Tunisia, Kais Al-Saeid. Assad mengadakan pembicaraan bilateral dengan Saeid dan Sheikh Mansour bin Zayed dari Uni Emirat Arab pada hari Jumat—dan diperkirakan akan duduk bersama dengan Mohammed bin Salman.

Satu demi satu, para pemimpin Arab menyambut kembalinya Suriah ke Liga Arab dan dalam pidatonya sendiri. Sedangkan Assad berulang kali mengatakan bahwa Suriah adalah milik dunia Arab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)